Jumat, 14 Februari 2014

The Kuda: "Punk Juga Punya The Kuda, Emangnya Cewek Sexy Doang"

Hey siapa yang belum tau The Kuda? Ayoo ngacung. Sini kumpul-kumpul imoet dulu, tanya jawab menegangkan yang membuat sebuah komite perdamaian dunia terdecak kagum, aduh jadi pusing kenapa harus komite padahal gak penting juga. Langsung aja ya, 5 unit punk rock 70an asal kota “hujan” Bogor ini sudah malang melintang menggagahi gigs-gigs meriah di kota-kota besar. Sudah mengeluarkan EP di tahun 2011 yang dirilis juga oleh netlabel tersohor asal Yogyakarta yaitu Yesnowave. Ingin mengetahui lebih dalam tentang mereka ? Simak interview hangat bersama The Kuda, criinggg... (Fauzan)

Helo The Kuda apa kabar teranyarnya?
Halo... Kabar teranyar kita penuh sama rencana membuat rilisan sebanyak banyaknya. Take-take-take..rilis-rilis-rilis... Bersiap-lah. heheee... Kita bakal banyakin lagu berlirik bahasa Indonesia.

Boleh dikenalin The Kuda tuh siapa aja tciih?
The Kuda masih formasi dulu: Adipati (pokal), Idam (gitarz), Ahong (dram), Aanu (basz), & Jamur (gitars).

Kenapa dinamain The Kuda gak the rusa? Ceritain awal mula sejarah nya kebentuk orkes dumprak sumbawanya?
Awalnya kita ngasih nama Kebon Jahe. Itu nama tempat di Bogor yang jadi paporit anak-anak berburu barang-barang bekas. Yup, itu nama kawasan pasar loak yang kami cintai dan kagumi. Dan entah kenapa tiba-tiba Ahong bilang 'pake nama kuda aja', yang lain pun sontak entah kenapa untuk setuju. Ditambahin the biar gaya-gayaan aja.. hehehe...

Ngomong-ngomong dumprak sumbawa 77s rock band , bisa dijelasin maksudnya?
Dumprak tuh layaknya derap langkah kuda yang penuh power dan gagah. Kuda liar yang bebas tidak di tunggangi seperti kuda sumbawa. Yeahhh... Susu kuda liar yang fenomenal itu. Angka 77 keren-kerenan aja sok-sok-an semangat band-band liar di tahun 1977. Sudah ada angka 77 jadi gausah pake kata punk lagi. Aduhhh... ini cerita apa? jadi bingung...

Mystery Torpedo EP, bisa diceritain proses produksinya?
Prosesnya kita take live satu jam, pulang ng-take kita begadang di warnet temen buat numpang miksing. Kita miksing cuma pake headset yang udah jelek, sialan banget pokoknya. Besoknya kita puyeng buat bikin cover dan pekejing segala macem. Tiba-tiba kita liat ada majalah gadis edisi taun 90an, gak pake lama, langsung kita gunting tempel gambar-gambar dan kata-kata yang keren dan menakjubkan. Terus masternya kita potokopiin. Beli cd kosong patungan dan jadi deh. Kita buat dan melakukan apa yang kita suka, udah-sederhana.

Lirik The Kuda biasanya dibikin sama siapa? Inspirasinya dari mana aja?
Urusan lirik si Adipati yang bikin. Anak-anak yang laen aja bingung dia cerita apaan. Sok-sok-an bahasa Inggris segala. Ahh, dia mah inspirasinya wanita. Gak beda kaya band-band melayu.

Lagu "Hey Jansen" masuk jadi Ost. Film Rocket Rain, gimana tuh awal mula terjadi seperti demikian?
Awal mulanya gimana kita juga bingung. Tau-tau diajakin buat nyumbang lagu di Rocket Rain. Baiknya ditanyakan sama yang buat pilemnya deh awal mulanya, lupa. Hahahahaha...

Bisa diceritain sedikit tentang artwork The Kuda yang terpampang di 7th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art Australia ?
Hehehe... Silahkan masuk ke website apt7. Disitu Indonesia yang diwakili oleh ruang rupa memilih The Kuda sebagai band Indonesia yang pernah ada di era 70an. Semua instalasi di sana dipersiapkan seakan-akan sungguhan, semacam hoax. Selama beberapa minggu pameran tersebut menyajikan segala sesuatu tentang The Kuda tidak hanya artwork, lagu, photo, alat-alat musik, sampai barang-barang pribadi milik para personil The Kuda. Panjang ceritanya. Jelasnya gimana, tanya aja sama ruang rupa tuh dalang nya.

Setelah split album dengan Gangrena Surf (Chili) dan Night Stalkers (Prancis), ada rencana split album lagi?
Wah, rencana sedang berlangsung sudah lama. Banyak banget pr (baca: pekerjaan rumah.red) dan hutang split sama band-band Indonesia dan bukan Indonesia.

Di taun kuda ini apakah rencana kalian? apakah album full The Kuda bakal segera direalisasikan? Kemaren katanya sempet ada sesuatu ganjalan ? Bisa di tell-tell ke kita?
Tahun ini kita bakal banyakin banyak rilisan. Rencana kita dulu, The Kuda bakal ngeluarin album sebanyak banyaknya. Sampe tua nanti. Ganjelan nya kita jarang konak aja. Lagi pada sibuk nyari duit buat hidup. Hehehe...

Apakah ada niatan untuk membuat lagu yang berdurasi lama?
Kita bikin lagu kebanyakan spontan. Nanti mungkin album kita bukan pnjang panjang lagu nya. Tapi banyak.

Bagaimana menurut The Kuda perkembangan scene hc/punk atau sejawatnya di kota asal (Bogor) ? Band Bogor apa yang direkomendasiin buat didenger pemirsyah ?
Scene di bogor menurut kita tetap asoy. Kita semua lahir di Bogor, dari kecil di Bogor. Semuanya keren-keren dah. Cuma sekarang-sekarang sudah gak rame kayak dulu. Ayoo dong rame-in lagi. Hehe... Band Bogor yang keren itu buat kita KLUB DJAHAT, band idola para kaula muda :*. Banyak deh band-band yang bagus di Bogor: Revolt, Let's Go, Adopta, Reidvoltus, Sex Sux, Eyeliner, Mary Ann, Cause, dan lain-lain.

Kegiatan The Kuda selain ngeband?
Kegiatan kita banyak, ada yang tukang oprek website, tukang serpis vespa, tukang disen, juragan keramik. Wkwkwkwk... Kita biasa nya kumpul-kumpul, liatin mbak-mbak sexy di sore hari, becanda, bir, bir, alkohol lagi, dll. Tapi kita belum pernah mandi bareng, BENERAN.

Apa yang the kuda tau tentang Lemari Kota Webzine?
Lemari kota webzine itu asoy. Informasi-informasi seputar punk, hc, dll nya dapet banget. Semoga terus ada sampe tua nanti. Jangan kayak webzine-webzine lain nya yang hilang tiba-tiba. "Punk juga punya media, emang nya lo doang" Kalo kita "Punk juga punya the kuda, emang nya cewe-cewe sexy doang".  hehe...

Mimpi basah pertama kalian umur berapa?
Kita gak mimpi basah, tapi kita mimpi di elus-elus sama basahin cewe-cewe, sampe crottttt, beuhhhh..

Kata kata terakhir untuk pemirsyah. Coba apa?
Tetap semangat, jangan lupain alkohol buat yang doyan minum, jangan lupain ngeband, nongkrong, semangat terus sampe tua.

Satu lagi ada bocoran nih. Kita bakal ngeluarin kaos terbaru bonus-nya album kita.

Makasih yah The Kuda. Sukses terus buat semuanya. Kita tunggu loh ya albumnya. Terima kasih The Kuda yang telah menginspirasi anak bangsa. loh? hehe..



Artikel Lain:

1 komentar:

  1. Ni band emg gokillllll gak kuat kalo liat perform nya :D

    BalasHapus