Jumat, 18 November 2011

Interview with Thinking Straight

Bagaimana respon para pendengar tentang album terbaru kalian sejauh ini ?
Sampai sejauh ini baik. Maksudnya. Orang-orang banyak berkomentar terutama di facebook, kalau ukurannya yah dari situ. Dari situ, komentar mereka cukup positif sih.

Apa yang membuat The Opposite Of Ordinary begitu jauh jarak rilisnya dengan Positive Crew ?
Kesibukan diluar ngband, kerja. Member yang lain juga udah punya anak. Itu yang membuat kita jadi tidak begitu produktif.

Butuh berapa lama untuk mempersiapkan album terbaru kalian ini ? Bisa diceritakan prosesnya seperti apa ?
Lucu banget nih. Sebenarnya, ini materi lagunya separonya adalah materi-materi setelah album Positive Crew. Jadi dari tahun 2002 kita udah mulai bikin lagu. Separuh dari materi ini adalah materi yang sudah lama di mix dengan yang baru. Kenapa gitu gua bilang lucu ? proses bikin album ini tuh makan kurang lebih tiga tahun. Kenapa tiga tahun ? yah itu tadi, karna untuk bisa menemui skedul dari masing-masing personil tuh susah. Di tahun pertama kita mencoba ngbuat. Buat setelah take drum udah, bass udah, gitar udah, dan begitu kita ingin masuk take vokal kita ngrasa ada yang salah, ternyata temponya begitu cepat. Karna pada waktu itu kita memutuskan untuk gak pake metronome. Ketauannya itu belakangan. Setelah jadi,pengen di take vokal kok temponya cepet banget, dua kali lipat dari yang biasa kita mainin. Akhirnya kita putusin untuk ulang, ulang di tahun yang ke dua. Udah beres semuannya, kita udah sewa amply ,udah sewa segala macem. Nah begitu mau masuk proses mixing, ternyata datanya hilang separo. Jadi dari delapan lagu. Lagu enam sampai delapan datanya hilang. Dalam kondisi seperti itu gak bisa di take dari lagu enam,tujuh,dan delapan karna hasilnya akan belang nantinya. Mau nggak mau harus di ulang lagi. dan di tahun ketiga bisa selesai.
Itu hilangnya ?
Hilangnya dari pihak studionya.

Dalam lirik “Song#1” kalian mengatakan “Does it hurt you so much to see us wearing Macbeth Shoes…”. Apakah kalian berfikir menggunakan sepatu Macbeth adalah sesuatu yang salah untuk di scene hardcore ?
Kalau gua baca dari pertanyaan lu seolah-olah kita melihat ada yang salah kalau orang pake sepatu Macbeth. Justru itu terbalik, justru kita pengen kasi tau sama orang ini era-era dulu sebelum banyak band-band hardcore datang kesini terus pake Macbeth gitu maksud gua. Dulu tuh kita ngrasa hardcore tuh orang ngliat dari apa yang kita pakai. Oke, kalau lu gak pake nike gak pake vans dan lu gak cukup hardcore. Kalau gak pake celana basket,kaos hardcore lu,lu duduk di depan,tough guy dan lu gak cukup hardcore. Kalau lu pake Macbeth, orang gak bakalan tanya, kok lu pake Macbeth kaya anak emo. So,buat gua hardcore bukan apa yang lu pakai. Jadi,lagu itu mengenai itu, hardcore bukan apa yang lu pakai. Hardcore kalau buat gua tentang passion,dedication,jadi yah bukan cuma apa yang lu pakai, brand apa yang lu pakai. Lu liat band luar pake topi New Era oh jadi hardcore itu harus pake topi New Era. Gua merasa hardcore itu lebih dari itu.

Bagaimana bisa album baru kalian ini bisa sampai di review oleh Rolling Stones ?
Jadi begini, sebenarnya tuh gua kenal sama Ricky. Kalau gak salah tuh dia editornya Rolling Stones. Dia juga gitarisnya Seringai dan Step Forward. Step Forward adalah salah satu band hero buat gua. Step Forward juga menjadi salah satu alasan kenapa Thinking Straight masih main di hardcore. Dari situ gua coba kenal dengan mereka dan pada akhirnya berteman. Terus, setelah album jadi, karna kita berteman kita kontak-kontakan,”Eh ki nih udah jadi nih cdnya nih.”, “Oh yodah mana sini.” Tapi emang gua gak dateng untuk maksud di review sebenarnya. Gua cuma kasih karna dia teman gua. Dan akhirnya di review di sana.

Di album ini masih dengan Bonar ?
Iya.
Bisa dijelasin kenapa keluar dari TS ?
Gini sih sebenarnya. Dia yang memutuskan untuk keluar dari TS karna satu dan lain hal. Mungkin karna masalah pribadi. Setelah kita coba ngumpul segala macem, akhirnya itu keputusan dia dan nggak bisa di ubah. Dia cabut dari TS.
Oh jadi bukan karna Bonar sudah tidak SxE ?
Sebenarnya bukan itu masalahnya. Biasanya, band-band yang sudah berkeluarga,sudah ada kerjaan. Ada challenge tersendiri ketika lu masih mau ngband, waktu lu harus dibagi bener. Mungkin dari situ, dia ngrasa udah gak bisa lagi ngbagi waktu,mungkin.
Jadi,bukan karna dia sudah nggak SxE lagi ?
Nggak sih,bukan itu. Tapi untuk lu mau tanya itu. Lu bisa tanya langsung keorangnya.

Kalian sudah eksis sejak tahun 1996 (koreksi saya jika salah). Perbedaan apa yang kalian lihat dan rasakan sangat mencolok keadaan scene hardcore saat ini dengan waktu itu ? Khususnya di Depok.
Yang jelas. Di era sekarang band-band sekarang udah nggak cover lagu orang. kalau yang paling jelas era dulu. Era-era itu kalau lu ngband hardcore lu pasti ngcover lagu orang. kalau yg sekarang udah mulai bawain lagu sendiri secara materi lebih bagus dari yang dulu. Secara sound di panggung juga band-band sekarang jauh lebih bagus dari band-band dulu. Karna pengetahuan yang mereka dapat dari internet. Menurut gua band-band sekarang tuh lebih bagus dari band-band dulu, kalau menurut gua. Kayak Real Project salah satunya.

Dan apa yang membuat kalian masih tetap eksis sampai saat ini ?
Nggak ada lain karna passion. Karna lu suka sama hardcore. Kalau lu gak suka-suka banget pasti lu udah gak ada dari lama. Soalnya, ini gak ada duitnya juga kan ?!

Bisa tolong direkomendasikan band-band (khususnya band dari kota kalian) yang kalian rasa wajib untuk di dengar dan di tonton aksi panggungnnya ? Alasannya ?
Paper Gangster, A Thousand Punch. Real Project untuk yang barunya. Sama Moving Forward. Dan Modern Guns , jangan lupa tuh.

Apa yang membuat kalian berkomitmen untuk menjadi seorang SxE ?
Ini kan artinya pertanyaan untuk gua. Karna pasti beda-beda.
Iya.
Kalau lu tanya begitu. Gua termasuk orang yang dulunya perokok, ada di dalam satu komunitas yang nonSxe : “make” dan mabok segala macem. Kalau lu tanya apa yang membuat gua jadi sxe ? Youth Of Today. Jadi begini, awal-awalnya gua dulu kan punk rock. Dan biasanya kalau anak umur-umur pantaran kita dulu hidupnya sangat terpengaruh sama musik. Biasanya dari musik yang lu suka lu akan ikuti lifestyle-nya. Kayak gua dulu, gua suka punk rock gua juga adaptasi gaya hidupnya. Band yang gua suka dulu Sex Pistols contohnya. Dia minum segala macem, dulu gua juga ikutin. Di samping, pengen ada pengakuan dari komunitas gua, gua pengen di terima. Biasanya kalau lu pengen di terima didalam suatu komunitas,biasanya nih,umunya. Kalau lu gak ngrokok mungkin lu gak bisa main sama anak-anak ini. Kalau lu gak nyimeng lu gak bisa ikut sama komunitas ini. Karna kebetulan teman-teman gua ini temen-temen yang kaya begitu. Jadi, gua punya perasaan gua pengen di terima di satu komunitas itu. Dan beruntung gua kenal dengan hardcore. Itu era tahun 96, temen gua ada yang ngasih kaset Youth Of Today album Breaking The Wall. Awalnya sih gak suka. Setelah dia ngasih kaset kedua,Gorilla Biscuit. Ketiga dia ngasih Bold. Belakangan gua jadi pengen tau, di sampul-sampul nya tangannya di silang segala macem. Oh ini apaan nih?! Dan gua anggap itu keren banget. Akhirnya,gua main juga di suatu acara namanya ‘Straight Edge’ tahun 96. Gua main di situ. Gua bawain Minor Threat. Karna gua pikir musik nya mirip dengan musik punk. Kan dulu gak ada internet tuh. Jadi lu liatnya dari cd. Kita mainin musik itu tapi gaya-gaya manggungnya kaya punk rock, ngludah. Waktu itu gua main siang tuh. Pas sore, gua nonton band-band kayak RU Suck,Straight Answer , tangan di silang,stage diving. Wah ini apaan nih keren banget. Belakangan yang gua tau yang di silang itu hardcore tapi gua tetep ngrokok. Belakangan lagi yang gua tau yang disilang itu sxe. Dan bukan hanya hardcore. Dari situ gua tau sxe itu apa. sxe itu nggak ngrokok. Wah ini seru juga,gua banget sebenarnya nih.

Apa kalian mendukung sikap militan SxE ?
Nggak.
Kenapa ?
Gua nggak pernah gitu dukung hal yang ekstrim. Kalau buat gua sxe itu sangat-sangat personal yah. Jadi hal yang kayak begitu gak bisa lu paksa sama orang.

Bisa di jelasin mas tentang Channel X Records ?
Sebenarnya label itu udah vakum. Kita udah gak rilis apa-apa. kalau lu liat dialbum Epnya Real Project. Itu sebenarnya,karna anak-anak RP minta ke gua taro logo ChannelX di situ. Bukan gua yang ngrilis. Gua tanya sama mereka, karna Channel X label sxe, mereka harus sxe, kalau nggak yah nggak gua kasih.
Terus rilisannya apa aja mas ?
Rilisannya sebenarnya cuma tiga : Side of Strength,Thinking Straight,dan For Good Reason.

Apa rencana jangka pendek dan panjang TS ke depannya ?
Jangka pendek, mudah-mudahan tahun depan bisa bikin album baru. Karna dari sekarang kita sudah bikin materi baru. Jangka panjang, masih ma uterus ngband aja.

Kontak Thinking Straight : Facebook|Myspace



Sumber foto: Facebook Thinking Straight
Interviu ini pernah dimuat pada Bungkam Suara Zine #4 edisi Agustus 2011

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar