Selasa, 02 Februari 2016

Kontrasosial: Touring Eropa, Bandung, dan Ganja

Setelah membuka-buka folder redaksi kembali, ternyata saya melewati satu naskah yang saya sendiri sudah lupa sejak kapan menyimpannya. Naskah tersebut berisi transkrip wawancara saya bersama band d-beat asal Bandung, Kontrasosial. Setelah dibaca ulang ternyata materinya masih lumayan relevan untuk dipublikasi.

Saya memang tidak ingat kapan naskah ini tersimpan namun saya ingat ketika itu mewawancarai mereka tepatnya setelah album terbaru mereka bertajuk Vol.4 rilis. Langsung saja di simak hasil wawancara seputar album terbaru mereka tersebut, touring Kontrasosial ke Eropa, hingga makanan favorit mereka. Yang diwakili oleh Billy Anjing (B) dan Ebby (E). (AL)


Hal apa yang dalam waktu terakhir mengganggu kalian nih ?
(B) Akhir-akhir ini aku sedang terganggu oleh terbatasnya perangkat berkarya.

(E) Hal yang sangat mengganggu yaitu PEMILU tapi istri saya memilih JOKOWI


Saya suka dengan materi di album Vol.4 lebih enerjik dan berisi. Apasaja yang kalian dengarkan ketika menggarap album tersebut ?
(B) Makasih sudah mendengarkan album terkait. Pada saat masa perekaman kami masing-masing mendengarkan influence musik yang berbeda-beda. Saya sendiri saat itu sedang gandrung-gandrungnya mendengarkan proto-punk, selain band-band d-beat.

(E) Infernoh (swe), Heratys (fin/swe), Mellakka (fin), G.A.U (ger), Keparat (bdg), Apparatus (mly), POA (jkt), Hell on Fire (jkt).

Kenapa seorang Kenji yang dulu bermain drum, kini malah jadi bassis ?
(B) Kenji malah sempat tidak bermain alat di Kontrasosial karena waktu itu sedang sakit. Dan kondisi fisiknya sekarang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bermain drum dengan ketukan-ketukan cepat terlalu lama. Walaupun aku tau dia masih gatal untuk bermain drum lagi :D

(E) Oke ini rahasia ya, jangan beritahu siapa-siapa, hahahhahahhahaha...(becanda brayyy) ;)
Kenji dari awal kontrasosial ada dia sudah main drum, setelah beberapa tahun kondisi kesehatan dia kurang bagus dan menurun, kenji juga sempat memutuskan rehat dari kontrasosial karena dia butuh istirahat total dan kenji pun yang memberi alternatif drummer untuk menggantikan posisinya yaitu ivan sopian, itu sebelum kita tour eropa september 2010, sedih juga gak full member buat tour , dan setelah tour selesai kenji kembali bergabung dengan bermain bass untuk menggantikan indra yang lagi ada kerjaan di luar kota, beberapa kali kita rayu kenji buat main drum lagi tapi dia sudah gak mau dan takut kecapean dan akhirnya badannya drop lagi, jadi kita takut buat maksa dia main drum sekarang hahahaha


Bisa melakukan tour Eropa dan terlebih itu dilakukan secara mandiri tanpa sponsor produk manapun. Ituhal yang mengagumkan. Bagaimanacara kalian melakukan itu semua ?
(B) Proses untukbisa tour Eropa waktu itu lumayan panjang, hampir dua tahun. Dari mengontak beberapa teman di sana yang sanggup untuk bantu organisir tour, mengumpulkan duit dan juga mempersiapkan segala hal terkait. Kami mempergunakan jaringan pertemanan yang mana mereka pernah juga mengorganisir tour KrassKepala sebelumnya.

(E) Duh... panjang ini, awalnya krasskepala yang mencoba pada 2007, dan kita menyusul thn 2010 dengan link pertemanan punk yang sama, 2 tahun proses menabung buat ngumpulin uang bikin merchandise, records,dll lalu kirim kesana untuk di distribusikan, dan teman2 di swiss juga bikin benefit konser serta menyebar luaskan info dengan sembari menjual merchandise dan record kita yah sebagai intoduksi lah bahwa kita mau datang 2 tahun lagi, tapi gak disangka banyak respon dan support dari teman-teman di luar sana, akhirnya surat invitation berdatangan, dan akhirnya kami membohongi kedutaan besar swiss bahawa kami adalah grup musik tradisional yang akan melakukan pertukaran budaya ke swiss selama 2 bulan, hahaha dan akhirnya kita berangkat juga deh segerombolan pemuda kampoengan ke swiss, jerman, perancis, spanyol dan kita mendapatkan 30 show selama 2 bulan di 4 negara tsb

Selain tour Eropa, kalian sendiri tergolong aktif tour lintas kota. Saya jadi penasaran, apakah di Kontrasosial menerapkan pola basis ekonomi alternatif ? Jika ya, bagaimana alur kerjanya ?
(B) Sebenarnya itu semua kita siasati dengan menggunakan jaringan pertemanan antar kota. Mengutarakan maksud kita, mencari cara untuk bisa mendatangi kota lalu mengumpulkan hasil-hasil penjualan merchandise dan rilisan, juga penambahan dari uang pribadi.

(E) Saya justru bingung yang dimaksud basis ekonomi alternatif itu yang gimana, kalo selama ini kalau kita diundang main di suatu tempat yang membutuhkan biaya besar biasanya kita minta bantuan dari teman yang mengajak main di kota tsb untuk onkos transport itu pun kalau ada, kalau gak ada ya gak papa toh kita masih bisa pake uang sendiri untuk berangkat itu juga kalau ada hahahhaha, tapi biasanya sih ada uang tabungan hasil jualan kaos sama records di tabung dulu deh sampe kira-kira cukup untuk menghantui kota-kota baru yang belom pernah di kunjungi... mungkin next ini kita akan berkunjung ke bali tgl 12 september 2014 , dan ini kami pakai ongkos sendiri untuk beli tiket hehhee

Kalian dikenal sebagai band dengan ethos DIY yang kental. Lantas bagaimana kalian mengaplikasikan hal tersebut dalam kehidupan di luar band ?
(B) Aku tetap mencoba untuk meminimalisir ketergantungan terhadap kapitalisme dan mencari cara-cara alternative agar aku tidak menjadi terlalu konsumtif.

(E) Buat saya pribadi DIY itu bukan hanya untuk kaum HC/PANG saja, buat anak-anak, emak-emak, dan bapak-bapak juga bisa dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kamu sendiri juga bray dengan membuat media alternatif macam ini, kamu sudah membuat mediamu sendiri dan kamu pun bisa berbagi info dengan teman-teman atau keluargamu bahkan pacarmu..aw....jujur kalau mau lari dari sistem kapitalisme siapa yang bisa??? Tapi saya sendiri sekarang ini hanya bisa melawan kapitalisme itu dengan cara mengurangi nafsu konsumerisme pada diri saya sendiri, meminimalisir untuk membeli sesuatu yang masih bisa di buat sendiri seperti makanan, jemuran, kursi kayu dll... hahahaha kalau sudah tidak bisa beli dan sekiranya butuh banget dan gak bisa beli ya curi aja, gak ada salahnya kok mencuri dari perusahaan/korporat asal jangan ketawan aja hahhahaha


Kita semua tau bahwa kapitalisme ada di setiap lini kehidupan ini. Ada yang berpendapat bahwa kita harus tinggal di hutan serta telanjang bulat untuk memeranginya. Bagaimana kalian mencari celah untuk mengatasihal ini ?
(B) Kalau kamu mau dan yakin bisa dapet celah alternative, kamu bisa dapetinnya.

(E) Ah yang ngomong begitu biasanya gak pernah nyoba, yang udah mengaku kalah dengan perangnya sendiri, atau dia memang terlahir sebagai manusia instant dan gak mau repot, celah itu selalu ada kok...

Sayamautahu Bandung dalam perspektif kalian sepertiapasekarang ?
(B) Seperti kota-kota lainnya, apa bila kamu sudah terlalu lama tinggal disana akan menjadi sama membosankannya. Belum lagi Bandung sekarang menjadi kota yang begitu ketat dengan pengawasan polisi dengan kebijakan jam malam yang tidak tertulis itu.

(E) Bandung kota yang menyebalkan tapi terkadang membuatku rindu

Mumpung berkhayal belum jadi komoditas. Kehidupan yang bagaimanasih yang masing-masing dari kalian dambakan ?
(B) Aku mendambakan kehidupan yang bebas. Peraturan yang ada hanya aturan yang hadir dari tanggung jawab diri pribadi.

(E)Wah ini seperti khayalan, saya ingin tinggal di negeri yang semua manusianya memakan ganja bukan nasi hahahhahahahhaha

Sebutkanmakanan favorite kalian ?
(B) Aku suka kentang! Mau diolah jadi apa pun juga aku tetap suka makan kentang.

(E) Soto terserah mau soto apa juga, yang penting soto!!!

Terakhir. Apa yang sedang ingin kalian kerjakan, baik itu untuk Kontrasosial dan personal ?
(B) Untuk personal, aku sedang ingin menyediakan tempat berkarya yang lebih mumpuni.Sedangkan untuk Kontrasosial kami sedang ingin melakukan tour dan menulis materi bebunyian baru untuk dirilisdalam format vinyl. Moga-moga terwujud.

(E) Hahaha buat diri saya pribadi sekarang saya kerja di jakarta sedikit mengabdi pada perusahaan keluarga yang berkutat di bidang shipping agent, untuk kontrasosial masih memikirkan untuk rekmanan selanjutnya dan pastinya kerja untuk tour hahhahahahahhahaha

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar