Minggu, 04 Mei 2014

Mari Menulis Wikipedia Untuk Kita

Kadang kesel gak sih lu ? Setiap kali mau tau informasi tentang band di Indonesia, akses data yang lu terima itu sedikit banget malah kadang tidak ada sama sekali. Hal tersebut terjadi, baik di band pop ataupun indie/underground. Beruntungnya jika band tersebut rajin mengurus blog ataupun web-nya masing-masing, kalau nggak ? Beruntungnya lagi jika ada media-media (baik magazine ataupun zine) yang sempat mengulas band tersebut, kalau nggak ? Susah banget untuk mengetahui band yang menjadi favorit kita.

Di Indonesia sendiri, pendokumentasian memang kurang, bahkan jika bisa dibilang tidak menjadi fokus utama. Bahkan coba lu lihat, lu search nama band/artist mancanegara di google dengan rapih data-data: biografi, diskografi, dll, nya ada semua. Dan wikipedia menjadi urutan teratas untuk itu. Beda banget dengan jika kita ingin mencari band/artist lokal. Akses datanya susah banget, man! Wikipedia kita sepi-sepi saja.

Nah, gua ada berita baik nih buat lo semua. Tanggal 17-18 Mei 2014 ada sebuah acara "Lokakarya Wikipedia" di UNPAR-Bandung. Acara apaan tuh ? Belajar menulis Wikipedia, man! Acara yang di selenggarakan oleh Indonesian Netlabel Union (INU), Sindikat Sorge, dan Wikimedia Indonesia ini akan mengajarkan kita tentang: tata cara penulisan, marka dan kode-kode di wikipedia, kriteria referensi wikipedia, menulis artikel-artikel ensiklopedis, dan menulis wikipedia page untuk band/netlabel/proyek musik Indonesia. Keren gak tuh ? Yang lebih kerennya lagi, acaranya gratis.

"Lokakarya Wikipedia bertujuan untuk memperbanyak wikipedia page untuk band, netlabel, dan proyek musik Indonesia," ungkap Tinta, salah satu orang dari INU.

Acara "Lokakarya Wikipedia" ini adalah salah satu rangkaian pra-event Indonesian Netaudio Festival 2014 (#INF2). INF 2 rencananya akan digelar di Bandung bulan November 2014 dengan Sorge sebagai host organisation.

Kalau lu berminat, lu langsung email aja nih orangnya di anithasilvia@gmail.com. (AL)

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar