Rabu, 30 Mei 2012

Interview With Fikri 'Forth Coming Records'

Foto: Fikri Sakti Firmansyah

Fikri aka Bagol adalah seorang anak muda yang sedang memiliki gairah yang sebegitu panasnya untuk skena hardcore lokal. Tercatat sebagai bassis dari band modern hardcore asal Depok, Fuise. Ia juga adalah orang dibalik label yang baru saya merilis album Raincoat, Forth Coming Records. Berikut ini hasil obrolan kami dengan pemuda tambun yang punya cita-cita untuk merilis Joy Division. Yuk, disimak bray. (AL)


Hallo, Fikri ceritain sedikit dong ke kita, apa itu Forth Coming Records (FCR) ? Kapan terbentuknya ? Awal mulanya bagaimana ?
Hallo bapak kontributor . Forthcoming records ya cuma label iseng layaknya label iseng lainnya aja hehe. terbentuknya di tahun 2011, awalnya sih cuma iseng kayaknya seru nih rilis band sendiri/temen. karena ga sabar nunggu di rilisin orang "kapan dirilisnyaaaaa?" . Pertamanya cuma jualan merchandise terus ada niatan buat split yg keluar akhir tahun kemarin itu tuh “grayscale” yg di bantu sm don't talk sm madafaka records..

Dapet ilham dari mana sih buat mendirikan perusahaan maha besar itu ?
Haha.. ya itu tadi, karena bosen nungguin dirilisin label orang, langsung deh pikir "kenapa ga coba buat label sendiri?".

FCR lu kelola sendiri atau ada team work dibelakangnya ?
Sebenernya FCR ini waktu awalnya berdua sm ajay(fuise). soalnya awalnya mau buat zine juga. doi buat zine, gue di merchandise. tapi zine-nya ga keluar2 sampe sekarang haha. terus sekarang gue sendiri aja. tapi gue juga suka konsultasi masalah intern ke lutvy(soy) dan uweng(fuise) karena mereka layaknya on clinic, rahasia terjamin :').

Apa sih yang menjadi tujuan lu mendirikan FCR ini ?
Tujuan awal gue sih sebenernya cuman biar band sendiri punya rilisan + gue pengen rilis band2 yg gua suka dan band temen :))

Apa yang sudah lu dapet dari mengelola FCR ini ? Tentunya selain networking yang kian kemari kian terbuka luas, teman-teman baru, dan pengalaman.
Gua dapet banyak bangeeeeeeeet. yang ga terbayarkan tuh, lu dapet kepuasan pas lu liat band yg lu rilis senang. itu tuh indah banget :))

Sejauh ini. Hal apa yang pembiayaannya lu atasi dari hasil mengelola FCR ?
Kalo masalah finansial, uang di FCR masih berputar untuk ini aja sih yaaaa. dalam artian, ini buat scene. buat rilis band lain lagi, buat bikin gigs, dan intinya buat senang2 :))

Band apa yang pengen banget lu rilisin tapi karena suatu hal itu sulit terwujud ?
Apa yaaaaaaaaahh?? gue ngarep bisa ngerilis band "indie pop" kali ya. kalo band indonesia ngarepnya sih the porno hehe. Kalo di luar itu ada kayak joy division, lemuria haha (howadreamboy :P)

Pendapat lu tentang antusiasme penikmat musik sekarang dalam hal membeli rilisan fisik seperti apa ?
Antusiasme orang buat beli rilisan fisik kalo sekarang menurut gue lumayan yah, mungkin karena di gencarin juga sama band2 kalo manggung suruh beli rilisan rilisan, dan terbawa. Itu menurut gue hal yg bagus banget .

Apa lu juga seorang kolektor rilisan fisik ?
Yap,ane salah satu orangnya hehe karena gua kalo udah dengerin mp3 atau pernah dengerin band tersebut main, bawaan hati itu harus tanggung jawab aja gitu, harus punya rilisannya selagi bisa hehe.

Apakah lu termasuk dalam tipe-tipe orang yang suka menimbun rilisan fisik dan menjualnya beberapa tahun kedepan dan berharap harganya tinggi ? Pendapat lu tentang orang-orang seperti ini ?
Gue juga ga setuju sm yg kayak gitu, apalagi seseorang nimbun rilisan sampe banyak banget, terus pas di jual lagi beberapa tahun kemudian dengan harga tinggi dan orang itu bilang “rare stuff”. Itu palsu banget, sakit hati nanti yang beli hehe.

Selain ngbossin FCR. Lu juga seorang anak band yah kan ? Berapa jumlah groupies lu hingga saat ini ? Lebih banyak cewek atau cowok ?
ngeben bareng fuise dan monicaforgana. Ya layaknya SUJU dan boyband lainnyalah haha

Apa yang bakal lu ceritain keanak lu suatu saat nanti tentang semua yang lu kerjain saat ini (band/label/anything) ?
Nah itu tujuan jangka panjang gua juga hehe. yaitu: sombong ke anak cucu gue nanti bahwa babehnya punya ini itu dan segala macemnya dulu haha

Pernah punya niatan nggak untuk nulis oto-biografi lu di Wikipedia ?
Auto biografi? Idih mau kemanaaaaaaaaaa??? haha. Karena gue mau orang kenal gua, pake cara deketin gua gitu. Terlebih buat cewek-cewek apalagi cewek seksi nan cantik ;;) haha.

Apa Planning next release FCR dan Fuise saat ini ?
FCR lagi siapin dana, mental dan cintanya buat rilisin EP fuise yg rencananya keluar bulan juli mendatang nah! Fuise lagi mempersiapkan segala kebutuhan resepsinya, berupa demo dan lain-lain. Agar bisa dirilis sm FCR

Closing statement,please
hm…

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar