Rabu, 18 Desember 2013

Ictus: Siluman Asal Spanyol Yang Mengesankan

Band yang satu ini memang gila dan tidak tertandingi. Dengan durasi musiknya yang "tidak lazim". Kenapa tidak lazim? Karena durasi lagu yang lama sekali. Ada beberapa lagu mereka yang berdurasi belasan menit dalam satu lagunya dan satu lagu mereka yang berjudul "Imperivm" berdurasi sampai tiga puluh sembilan menit. Apa tidak gila ?

Kombinasi musik cerdas yang dikemas dalam satu lagu, tentunya gak gampang diciptakan. Dengan konsep yang sangat berlebihan band ini memadukan unsur neo crust dengan death metal dipadu lagi dengan unsur post dan experimetntal. Lengkap part-part ala metal dan singkut ketukan drum 3/1 ala d-beat/crust eropa, namun agak cepet ini. Dan gak sekedar ketukan 3/1 nya saja, sewaktu-waktu merubah ketukan menjadi ketukan ala metal dan ga jarang lagi sang drumer juga meng-grinding drumnya.

Yang anehnya lagi band ini ya benar-bener siluman alias susah dicari (Ya lama kelamaan sih kalau mau berusaha yah dapet video-videonya). Dan pada lirik pun mereka membahas tentang kemirisan atas perlakuan orang-orang yang tidak betanggung jawab yang telah merusak alam atau hutan dan penembakan atau peng-eksekusian hewan secara tak logis pada lagu "Los Retos De La Esfera". Membahas pertempuran atau perang yang mengakibatkan rusaknya keindahan alam, bumi, hutan-hutan, harapan dan kehidupan mahluk pada lagu "Sed De Venganza". Menyentil kelasahan sistem (tanpa sadar) negara yang di perlakukan oleh penguasa yang selalu memputar balikan fakta, Penyamaran , fundamentalisme, kapitalis, menjadikan orang-orang (rakyatnya) seperti keledai, menginjak-injak dan membahas masalah ekonomi, rezim teror dengan mengorbankan kebebasan warga negara, polarisasi dunia selama Perang Dingin, dan menyinggung Amerika yang telah memulai perang salib untuk kepentingan ekonomi. Pemaksaan politik dan mencari bahan baku. Mereka telah menciptakan perang, disabotase pendanaan dan mempertahankan masyarakat demokratis. Rezim teror dengan mengorbankan kebebasan warga negara.

Bagaimana bisa memaafkan penolakan untuk reunifikasi Jerman pada tahun 1952 yang kerusakan lingkungan dan manusia dalam konflik di Indocina serta mendukung dukungan politik dan logistik kepada rezim-rezim diktator di Amerika Selatan, Asia, dan Afrika. Polarisasi dunia selama Perang Dingin . Provisioning kelompok paramiliter dan regu kematian menentang pemerintah demokratis atau populer dilembagakan . Konvensional Terrrorismo . memblokir ilegal dan tidak manusiawi ke Kuba dan Irak. Kebijakan dukungan tanpa syarat, ekspansionis pemerintah Israel di Palestina. Penggunaan senjata nuklir melawan Jepang. Pada lagu yang berjudul "Imperivm". Harapan dan usaha untuk menemukan suatu titik jalan terang dari suatu ruang lingkup yang selalu memaksakan (menindas) naluri dan ilusi pada lagu "Letra De Hilos Que Sujetan El Mundo".

Dalam blog yang mereka kelola pun membuat dokumentasi yang menyinggung masalah krisis global yang diceritakan oleh Matt Damon. Ditembak pada lokasi di Eropa, Amerika, dan Asia seperti Amerika Serikat, Islandia, Inggris, Perancis, Singapura, dan China.

Kelima personil di band ini, yang patut di lihat yah bassisnya -seorang wanita. Mereka pun salah satu band yang mempunyai pergerakan juga, seperti animals right/leberation animal dan meraka menjalani pola serta gaya hidup vegetarian/vegan juga. (David)







Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar