Minggu, 04 Mei 2014

Album Baru Menjadikan Real Project Dewasa

Formasi terbaru Real Project. Photo by Mels doc.
Setelah debut mini album "In My Heart" sukses menggebrak skena hardcore lokal dengan keagresifan yang Real Project tawarkan pada 2011 silam. Kini unit hardcore yang cukup terpengaruh oleh band-band angkatan 90-an ini, kembali mencoba mempersiapkan album terbaru.

Bongkar pasang personil yang terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir, membuat perubahan dalam segi musikalitas mereka, tentu menjadi lebih segar.

Hal tersebut terbukti dari single terbaru berjudul "Value Driven" yang telah mereka lepas pada awal tahun kemarin. Single tersebut menjadi semacam sneak-peek dari bagaimana Real Project ke depannya.

Dan Mels (vokalis) sedikit akan bercerita, tidak hanya tentang album terbarunya tersebut, melainkan banyak hal. (AL)


Dengar kabar, kalian sedang mempersiapkan album baru. Sudah sejauh mana prosesnya hingga kini ?
Sejauh ini untuk take instrument udah kelar, tinggal gw doang nih belom nyanyi, masih banyak sih, belum juga sampe ketahap mixing, mastering & blablaaa. Minggu depan kelar , Ali tur sama Straight Answer mungkin kita atur lagi kelanjutannya.

Mengenai single “Value Driven”, bisa jelaskan sedikit tentang makna di balik lagu tersebut ?
Wah kalo itu lagu serta lirik gw kasih kesempatan Ali yang bikin, ya kalo gw biasa tim nambah-nambain & komentar aja. Haha… Value Driven itu pun lagu pertama yang dibikin doi untuk kita.

Masih membahas single kalian. Kali ini sound terdengar lebih modern dari sebelumnya. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi ?
Masasih? Haha… Rekaman yang lebih dewasa mungkin, karna disemua lagu kita sebelumnya biasanya live recording aja di K studio. Kalo ini tracking tapi tanpa metronome. Single itu pun sebenernya rekaman iseng & ada beberapa lagu, yang awalnya cuma buat denger & buat bahan evaluasi Album nanti juga mungkin. Tapi pada akhirnya kita mutusin 1 lagu (Value Driven) kita mixing & cover song dari Negative Approach unmixing, nah 2 lagu ini yang kita keluarin di Soundcloud. Haha

Tolong deskripsikan mengenai album baru kalian nanti ? Dan apa yang menjadi perbedaan dari album sebelumnya ?
Hmmmm… Album baru nanti mungkin lebih rame aja kali ya & banyak warna pastinya. Karna yang bikin lagu & nulis lirik juga rame. Beda sama sebelumnya yang secara garis besar gw yang bikin. Hahaya Pokoke masih rasa hace 90an lah

Ada yang berubah dari line-up kalian. Bisa tolong di jelaskan, siapa yang masuk dan keluar ? Apa penyebab mereka yang hengkang ?
Yang masuk Ali, doi setelah keluar dari 1 band, masuknya ke 2 band. Haha… Sekarang doi bergabung sama kita & Straight Answer. Sudah lama juga sih lebih dari 6 bulan yang jelas, gak terasa. Yang masih anget sekitar sebulan lalu Iwank cabut dari band, karnadoi udah mulai sibuk-sibuknya kerja & lebih memprioritaskan pekerjaannya. Mau nabung buat kawin mungkindoi. Haha.. Ya, untuk Album baru kita mungkin gak ada bassist, tapi yang mau ngelamar jadi bassist kita monggo (mendadak promo). haha

Apakah kalian setuju jika band hardcore tidak harus ribet-ribet tampil dengan sound bagus ? Dan, menurut kalian band yang bagus itu seperti apa ?
Haha Sering nih… Kalo gw pribadi hardcore ngga hardcore memilih tampil dengan sound bagus! Walau pun pada akhirnya kadang ngga bagusjuga. Haha.. Menurut gw sih kadar “bagus atau nggak bagus” & “ribet atau nggak ribet” setiap orang beda-beda. Katakan kita udahmati-matian tampilbagus, kalo orang ngga suka sama bandnya sampe gila juga doi ya biasa aja, pun sebaliknya.

Ribet juga sama, dari mulai cuma bawa pick atau stick drum buat band/orang yang tingkat ke simple-an nya tinggi gw yak ini itu ribet. Beda sama band yang udah biasa mau main dengan sound bagus, jangan kan gren dong petong bawa alat dan sebagainya, kadang sampe ada yang mau bawa sound man untuk tampildengan sound bagus, buat mereka itu biasa aja & gakribet. Ya gimana orang dan bandnya.

Buat gw band yang bagus itu band yang bisa berdiri sendiri, band yang bebas terserah dia mau ngapain aja sama bandnya, band yang ngga punya aturan & ketergantungan dengan siapa & apapun, be independent. horeee


Jika melihat Depok, skena hardcore di sana berkembang pesat. Banyak band baru dan juga gigs yang tak ada hentinya. Bagi kalian apa yang belum di miliki/kurang dari Depok ?
Untuk skena… hhhmm.. Rockshop yang sesuai dengan kemauan gw mungkinya. Haha… Tempat kumpul, berbincang & berbagi ide. Venue juga kurang, kalo lebih variatif lebih asik tuh..

Rekomendasikan ke pembaca dong, band-band Depok yang patut disimak ?
Wahininih.. Ada nih banyak, kita aja muda banget, adalagi yang lebih muda nan berbahaya, ada band kayak Wizard, Distance, Still Burn, Outlive, Brains Youth, Fighter Straight, Stolid, Sideoff, sejauh ini yaitu yang gw tau, jangan lupa juga sama yang toku, masih ada tuh Thinking Straight, Paper Gangster & Taste Of Flesh jugadenger-denger dari bassistnya lagi mau rekaman & manggung lagi, kita tunggu aja. Hhe

Ada gak hal gila yang pengen kalian lakukan ketika manggung, tapi belum atau susah untuk di realisasikan ?
Kalo gw pribadi, sejauh ini lagi mau jalan terus aja walau badai menghadang. Haha.. ngga tau kalo yang lain.

Rencana terdekat kalian (selain pastinya merilis album baru) ?
Selain merilis Album baru, maunya lanjut tour Jawa, kalo ada rejeki lebih mau ke Negara tetangga mungkin. Satu-satu dululah. Hsha “The journey of a thousand miles begins with a single step” kalo kate kutipan Lao Tzu yang ada dialbum Straight Answer.

Last words.
Lakukan apa yang ingin lo lakukan, katakan apa yang ingin lo katakan, don’t be afraid! –makasi Al interviewnya, kecupbasahdari El :*

Artikel Lain:

1 komentar:

  1. Bahayaaaa mas mels!!! cakeeeeppp kutipan terakhirnya

    BalasHapus