Sabtu, 24 Mei 2014

Cerita Chipeng (Begundal Lowokwaru) Tentang Orang Pinggiran, Bullshit Punk, Dan Alkohol

Chipeng di Maitrin Cafe (21/5).
Photo by Alfian Putra A.
Malam itu (21/5) di pelataran bawah Maitrin Cafe, di tengah udara Jakarta yang sedang dingin akibat turun hujan. Vokalis Begundal Lowokwaru, Chipeng, nampak santai duduk di atas anak tangga tanpa jaket tebal. Ia hanya berselimuti kaos Big D. Namun dugaan saya malam itu ia cukup hangat, bukan karna atmosfer di dalam Maitrin yang panas oleh band-band punk rock macam The End, The Borstal, The Valid, Fireyjak, dll. Namun karna beberapa tenggak alkohol (yang saya tak tau jumlahnya) yang ia minum. Saya bisa menerka, akibat aroma yang keluar dari mulut vokalis bertubuh tambun tersebut.

Malam itu, ia dan bersama bandnya sedang dalam menyelesaikan rangkaian promo tour album ke-lima Nada Sumbang Pinggiran yang dirilis sendiri di bawah bendera label BL Records dan dibantu oleh Demajors.

Namun untuk seukuran orang yang telah mengkonsumsi alkohol, Chipeng termasuk tipikal orang yang lumayan sadar untuk diajak berkomunikasi. Atau, bisa jadi "persediaan" malam itu belum banyak yang ia jejali ke dalam lambung.

Begundal Lowokwaru sendiri adalah band yang cukup dikenal dengan sikapnya yang gemar mengkonsumsi alkohol. Hal tersebut selalu tertuang dalam lagu-lagu mereka seperti "One Botlle For All", "Dance Hangover", dan ucapan setiap kali menyapa para penggemar mereka: Salam Sodara Sebotol. (AL)


Sejauh ini bagaimana kesehatan kalian ?
Oh selalu sehat dan selalu tersenyum.

Kenapa album ke-lima ini diberi judul Nada Sumbang Pinggiran ? Apa makna dibaliknya ?
Karna banyak yang beranggapan orang-orang pinggiran itu selalu merusuhi. Yah, kita lihat seperti di Jakarta ini-lah. Banyak orang pinggiran yang datang ke kota. Entah itu punya skill atau tidak. Tetap saja orang lain menganggap orang pinggiran sebelah mata. Tapi kenyataannya, orang-orang pinggiranlah yang bisa menguasai kota-kota besar.

Semacam seperti pembuktian gitu ?
Bukan pembuktian juga. Orang pinggiran tetap bisa dan punya kemampuan untuk membuktikan bahwa “iniloh kita orang pinggiran tetap dengan kebanggan kami meskipun dianggap desa bisa mengalahkan semuanya”.

Ini berangkat dari pengalaman pribadikah ?
Yah, termasuk pribadi dan semuanyalah. Universal-lah. Itu realita semua.

Chipeng pernah juga merasakan ?
Yah kita pun merasakannya.

Seberapa berartinya album ini untuk kalian secara pribadi ?
Sebenarnya untuk arti khusus sih tidak ada. Kita ingin sajalah, selain waktu dari album sebelumnya yang terlalu lama. Sebenarnya judul albul kelima ini bukan yang sekarang ini. Karna kita seleksi lagi dari lagu-lagu yang masuk album ke lima ini. Rencana awalnya sih judulnya tentang teman, sahabat, dan keluarga besar Begundal Lowokwaru. Tapi karna tema lagunya tidak sesuai dengan judul itu, terpaksa dig anti.

Seperhatian saya, tema lagu kalian tidak jauh dari teman, keluarga, dan scene ? Seberapa pengaruhnya sih hal-hal tersebut dalam kehidupan ?
Kita tak mau munafik. Kalau banyak yang menilai semua lirik yang kita angkat itu tidak ada visi-misinya. Ada juga yang beranggapan “Kenapa kamu gak memilih yang politikal ataupun yang anti ini-itu”. Karna menurut kami pertanggung jawaban lirik itu sangat berat. Kami mengangkat tema yang sekiranya realita kita saja. Kita ketemu siapa, setiap harinya. Kenapa juga aku fuck the police, fuck the system. Aku khawatirnya aku tidak bisa mempertanggung jawabkannya. Sedangkan untuk, keluarga, pertemanan ataupun hura-hura itu setiap hari kita jalanin. Kenapa kita gak angkat itu saja. Kita ngomong apa adanya. Aku gak pengen munafik.

Tentang "Bullshit Punk" ?
Ketika kita memilih punk sebagai kebebasan berpendapat, terserah mau melakukan apa. Kita ngomongin punk dengan hati paling dasar karna untuk kebebasan. Tapi ketika memilih kita diberi batasan, “kamu gak boleh seperti ini, gak boleh seperti itu” lah ngapain juga aku memilih punk. Ngapain ?!

Sebenarnya lagu "Bullshit Punk" itu ditujukan untuk sekelompok orang atau ada individiu tertentu ?
Menyindir suatu kelompok. Setiap kota pasti punya orang-orang seperti itu, yang menganggap dirinya paling benar. Itu banyak, setiap kota yang aku jumpai pasti ada orang-orang seperti itu. Terus mau ngapain? Ketika kamu melarang seseorang berarti kamu melarang seseorang untuk berpendapat. Pengertian luasnya yah seperti itu.

Soal foto yang di flayer, yang ditengah jalan itu, ide nya dari mana ? Apakah sebagai parody dari The Beatles ?
Idenya dari kami sendiri. Yah, sebenarnya kita memparodikan The Beatles. Kita juga ingin mencocokan Nada Sumbang Pinggiran. Kenapa kita berfoto di tengah kota Malang yang padat ? Kenapa kita memberhentikan kendaraan ? Sebagai counter culture lah itu. Kita bisa melakukan apapun di tengah kota. Tanpa harus aturan gini-gini.

Foto itu sebagai simbol counter culture ?
Yang mengatasnamakan orang-orang pinggiran. Kami mengkonsepkan dalam satu frame bahwa “iniloh konteksnya dari Nada Sumbang Pinggiran, orang-orang pinggiran yang menguasai kota.”

Flyer yang menampilkan foto BL
memparodikan The Beatles.

Kalian pun termasuk band yang aktif tur yah. Dan jumlah kotanya pun lebih dari 5. Ada persiapan khususkah ?
Yang sekarang hampir 25 Kota. Persiapan khusus tidak ada. Kita hanya menghubungi teman-teman di setiap kota untuk mewujudkan mimpi kita. Akhirnya terwujud hingga hari ini, alhamdulliah.

Klasik sih om, bagaimana masalah pendanaannya ?
Kalau untuk tur sebelumnya kita memang siapkan dana dari pribadi. Sekarang pun begitu. Tapi sekarang pake sistem beli tiket dapet CD. Dan kita alokasikan dana dari penjualan CD untuk biaya produksi dan sisanya untuk keliling (tur).

Selain aktif tur. Kalian juga terkenal sebagai die hard drunker ?
Itu karna pertanggung jawaban lirik tadi. Dari album pertama-kedua. Itungan dari dulu sampe lima album ini, lirik kami tidak jauh dari minuman. Suatu saat itu bisa jadi boomerang bagi kami sendiri. Pasti adalah nanti kondisi seperti apa, memutuskan untuk tidak minum. Tapi nanti kita ketemu orang lain dan protes “kamu gak sesuai sama lirik mu” tapi bagaimana caranya kita harus tampil prima. Kita harus tetap minum dan menjaga kenakalan kita sendiri. Yah itu konsekuensi dari lirik tadi.
Chipeng tumbang dengan botol beer
di Borneo Beer House (24/12) lalu.
Lebih suka manggung dengan atau tanpa alkohol ?
Sama saja sih. Tergantung acaranya. Tapi karna kita keseringan, yah minimal adalah minuman yang bisa kita tenggak. Yah kalau tidak ada sama sekali, ya bingung juga. Gak bisa munafik juga, gak enak. Tapi kita sering juga tanpa minum sama sekali, cuman “Aduh kok rasanya ada yang kurang.”

Rekomendasikan dong minuman favorite ?
Minuman tradisional Malang-lah, Topi Miring.

Waktu paling tepat untuk mengkonsumsi alkohol itu seperti apa dan dengan siapa ?
Yang paling pas adalah ketika kita memegang duit yang banyak. Kalau kita gak punya duit, tapi maksa untuk minum, yah gak enak mau nambah. Masa minta sama orang lain.

Artikel Lain:

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum Wr.Wb...
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya ini nyata tidak ada rekayasa……
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (MALAYSIA) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 125juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemarin saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan baik dalam Kesehatan atau Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    AKI BROMO di Nomor telfon ((( 085 288 958 758 ))) di jamin bantuan beliau 100% …
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Malaysia semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi AKI BROMO di nomor ((( 085 288 958 758 ))) Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimah kasih banyak... dan untuk lebih jelas atau kurang percaya silahkan kunjungi

    http://hancurkan-bandar-togel.blogspot.co.id/

    Anda sudah ke mana-mana tetapi tidak menghasilkan solusi yang tepat.!!!
    Jangan Anda Putus Asa...Karna anda sudah berada di kata kata yang sangat tepat.!!!

    APAKAH ANDA TERMASUK KATEGORI DI BAWAH INI.???
    -BANTUAN DANA GAIB DAN UANG BALIK
    -MENAKLUKKAN LAWAN JENIS
    -PENGLARISAN DAN SANTET
    -PESUGIHAN TUYUL MELEK.-BANTUAN DANA GAIB DAN UANG BALIK
    -MENAKLUKKAN LAWAN JENIS
    -PENGLARISAN DAN SANTET
    -PESUGIHAN TUYUL MELEK.

    bagi anda yang BENAR-BENAR SERIUS dalam hal ini silahkan..!!!
    HUB: AKI BROMO
    TLP / (((0852-8895-8758)))

    untuk lebih jelasnya tentang pesugihan atau kurang percaya silahkan kunjungi di:

    http://www.ilmu-pesugihan.com

    KAMI MEMBERIKAN BUKTI/ BUKAN JANJI, DAN MENJAMIN KEBERHASILAN ANDA TERIMA KASIH
    WASSALAMUALAIKUM.WR.WB...???





    BalasHapus