Selasa, 10 Januari 2012

Refused Akan Reuni di Festival Musik Coachella

Jakarta - “REFUSED ARE NOT FUCKIN’ DEAD,” begitu tulisan di akun Twitter @refusedband yang baru dibuat pada Selasa (10/1) ini. Kicauan tersebut sekaligus menjawab segala keraguan mengenai benar atau tidaknya kabar yang memberitakan bahwa unit hardcore punk asal Swedia ini akan kembali bergabung.

Sebelum kicauan tersebut dirilis, frontman Dennis Lyxzen juga telah lebih dulu mengonfirmasi adanya reuni Refused dengan sebuah pernyataan yang dirilis melalui laman resmi Facebook-nya pada Senin (9/1) kemarin satu minggu setelah pemandu acara radio Punk Show milik BBC Radio 1, Mike Davies, membeberkan bahwa Refused memang akan kembali bergabung guna menjalankan konser di Coachella 2012.

“Sudah empat belas tahun sejak band kami pecah. Kami semua tetap sibuk dengan usaha kami masing-masing, tetapi kami tetap berteman dan terus berhubungan. Memang ada beberapa tawaran reuni, dan banyak lelucon mengenai tawaran-tawaran tersebut,” tulis Lyxzen.

Ia melanjutkan, “Kami meremehkan orang-orang yang meminta kami untuk kembali melakukan apa yang biasa kami lakukan setiap malam saat baru puber. Sebuah reuni terdengar tidak penting bagi kami saat itu. Terlalu banyak hal yang harus dilakukan.”

“Tetapi tiba-tiba (bassist) Kristofer mendapatkan gelarnya dari akademi opera Swedia, studi medis (gitaris) Jon sedikit lagi selesai, sementara (drummer) David membentuk band hardcore baru bersama saya. Akhirnya, setelah satu dekade setengah berpisah, Kristofer kembali bermain gitar dan membuat David ingin menggebuk drum lagi. Yang akhirnya menyebabkan kami berempat membuat musik baru,” imbuh Lyxzen.

“Saat kami menggodok materi baru, Coachella menghubungi kami. Mereka menelepon kami beberapa kali, banyak skeptisisme dan sejumlah antusiasme yang ragu-ragu sebelum salah satu dari kami bilang: ‘Ini konyol. Ada banyak teman kami yang rela membunuh kerabat dekatnya demi menonton band di sana. Mari lakukan ini, satu kali lagi.’ Dengan begitu, sekumpulan orang brengsek pecinta komputer ini pun kembali jalan bersama,” tulisnya disana.

Tulisan tersebut lalu ditutup: “Kami merasa bahwa kalian pantas mendapatkannya dan kami harap perasaan kalian sama. Sampai bertemu di pit.”

Sebenarnya, rumor mengenai reuni Refused sudah muncul sejak dua tahun lalu, tepatnya Maret 2010, saat label rekaman Epitaph kembali mengaktifkan situs resmi Refused dan membubuhkan tulisan “Coming Soon” di laman tersebut.

Spekulasi adanya reuni pun otomatis timbul, apalagi seorang sumber yang mengaku dekat Refused menginformasikan kepada PunkNews.org bahwa mereka akan tampil di sebuah festival musik Eropa.

Rumor tersebut lantas ditampik oleh Lyxzen dikarenakan ia dan drummer David Sandstrom sedang sibuk dengan proyek baru mereka, AC4. Dan belakangan diketahui bahwa keperluan situs tersebut adalah untuk kepentingan promosi perilisan ulang album seminal The Shape of Punk to Come pada Juni 2010.

Satu tahun dan lima bulan berselang setelah perilisan ulang album tersebut, sejumlah poster untuk festival musik Coachella 2012 tersebar di Internet dan nama Refused tercantum di sana. Rumor baru mengenai reuni yang kini sudah dikonfirmasi pun muncul ke permukaan.

Festival musik Coachella akan diadakan pada 13 hingga 15 April 2012 dan juga 20 sampai 22 April 2012 di Indio, California, AS. Refused akan tampil dua kali, yaitu pada 13 dan 20 April 2012.

Sejak didirikan pada 1991 dan hanya bertahan hingga 1998, Refused telah menelurkan tiga album, yaitu This Just Might Be the Truth pada 1994, Songs to Fan the Flames of Discontent pada 1996, dan The Shape of Punk to Come pada 1998. (Rolling Stone Indonesia)

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar