Senin, 14 Juli 2014

Cerita Menarik Final Attack Selama Brothers Keepers Tour 2014

Photo by FA doc.
Band hardcore berhaluan berat asal Jakarta, Final Attack pada bulan Mei hingga Juni kemarin mengadakan tour. Bisa dibilang adalah rangkaian tur terlama dengan destinasi terbanyak yang pernah ada di skena hardcore lokal yakni 27 kota. Dalam tur yang bertajuk Brothers Keepers Tour 2014 mereka tidak sendirian, grup hardcore asal Bandung, Under18 menjadi tandem dalam mengarungi kota demi kota.

Tentu selama perjalanan banyak hal yang mereka lalui terlebih Final Attack melakukan semua itu bersama vokalis baru mereka yakni Bagoes. Saya rasa tour adalah hal yang paling diidam-idamkan oleh semua band: bertemu teman baru, cerita baru, dan suasana yang pastinya baru juga. Dan selepas tour tidak ada yang lebih berharga selain foto/video dokumentasi perjalanan dan cerita yang menyertainya. Berikut ini teman-teman dari Final Attack akan membagiakan bagaimana serunya perjalanan mereka selama Brothers Keepers Tour 2014 kemarin. Yeah.... "Touring is never boring.." kata Ramones. (AL)

Bagaimana kondisi kalian selepas menyelesaikan Tour 27 kota ?
Indra (I): Kondisi sih yang pasti capek, pegel, kangen kasur rumah tapi semua sudah kembali normal setelah 3 hari full istirahat. hehe...

Andri (A): Mungkin bisa dibilang sih luar biasa. Luar biasa capek, luar biasa senang, luar biasa sedih, luar biasa lega, ya luar biasa deh semuanya. Yang pasti sih enak banget udah tidur di kamar dan kasur sendiri. Hahaha...

Bagoes (B): Campur aduk rasanya. Capek mendekati remuk, lega, sekaligus juga sedih
. Hehe...

Tentu selama tour menghabiskan banyak sekali energi, bukan ? Bagaimana kalian menyiasati stamina agar tidak drop selama tour ?
I: Kalau gw sih sempat drop 2 kali selama tour karena kondisi kesehatan sebelum berangkat udah nggak bagus. Tapi yang pasti sih kalo emang ada waktu buat tidur harus bener-bener dimanfaatin karena setiap hari pindah dari kota ke kota jadi kadang tidurnya cuma sebentar. Konsumsi vitamin C ama minum air yang banyak.

A: Wah iya itu sih udah pasti. Selama tur kita selalu berusaha untuk makan tepat waktu dan istirahat secukupnya. Memang kadang ada saat-saatnya kita gak bisa makan tepat waktu atau mungkin waktu istirahat yang kurang cukup, jadi ya sedia vitamin juga buat bantu jaga kondisi badan. Yang pasti juga harus banyak bergerak biar badan ga kaku. Gerakin badan dengan melakukan hal-hal kecil aja seperti angkat peralatan, jalan-jalan, atau sekedar ketawa-ketawa juga bisa ngebantu. Ya anggap saja olahraga kecil-kecilan. Hehehe...

B: Iyalah pastinya mase. Cara kami sih berbeda-beda tapi sebenernya ga ada cara yang lebih tepat lagi selain makan teratur, tidur cukup. Kalau saya pribadi biasanya nyimbangin makanan sih. Kalo misalnya beberapa hari udah makan daging terus berarti beberapa hari ke depan harus dirotasi dengan cari menu sayuran atau ga buah. Sayangnya, selama tour di sumatera cara ini ga mempan sih. Saya dan anak-anak FA lainnya tergiur oleh purwarupa yang diolah dengan bumbu kunci yakni santan. Bisa dibilang dalam rangkaian tour di sumatera kami berlomba untuk menumpuk kolesterol hehe... Selain makan dan istirahat, minum air dalam jumlah yang cukup bisa sangat ngebantu untuk tidk dehidrasi.

Oh iya, -angkut sana, angkut sini- alat yang lumayan banyak juga bisa dijadikan alternatif lain untuk menjaga stamina. Tips kalo stamina memang lagi drop banget ya siapin aja makanan sereal kek koko krunch+susu cokelat kemasan+pisang. Gak usah beli karton besar, beli aja yang kecil untuk sekali makan. Coba aja. hehe...


Dari 27 Kota yang menjadi destinasi kalian, apakah semuanya berjalan baik ?
I: semua berjalan lancar sih, ada beberapa kota (kalau gak salah 4 atau 5 kota) yang mendadak cancel tapi ada juga teman-teman yang mau bikinin acara dadakan. Selain itu sih lancar semua. hehehe...

B: Setiap kota yang kami sambangi bersama Under18 sudah memberikan yang terbaik. Memang ada beberapa kota yang cancel seperti beberapa kota di Jawa Timur atau Singaraja, Bali. Tetapi ya sudahlah namanya juga sedang dalam perjalanan jadi kami sudah menyiapkan diri dengan segala keadaan terburuknya. Terlebih banyak dari tempat yang kita datangi adalah acara pertama buat kita disana. Untuk bisa main atau bahkan hanya untuk singgah di tempat seperti itu, sudah kebahagiaan sendiri buat saya atau bahkan buat empat orang lainnya di FA.

Dengar kabar ketika di Lombok ada sedikit trouble, apa yang sebenarnya terjadi ?
I: Ooh... di Lombok memang ada insiden sih pas kita lagi main. Jadi itu acara kan di jagain banyak polisi-polisi baru, jadi gitu. Pas kita main banyak yang berantem. Nah polisi bukan nya bantuin misahin tapi mereka malah mukulin penonton nya pake tongkat mereka. Gara-gara itu kita sempat berenti main sebentar. Selain insiden itu, nggak ada trouble sih.

A: Seingat saya sih di Lombok gak ada trouble besar apa-apa. Yang ada ya hanya sedikit ricuh antara penonton sama polisi karena berantem. Tapi itu semua langsung ditangani di tempat.

B: Lombok masalah apa ya ? Setau saya ya semua berjalan baik. Mungkin ada sedikit masalah dengan kericuhan kecil di acara tapi semuanya tertangani dengan baik. Lombok punya masalah dengan rasa ayam taliwang yang luar biasa buat saya. hehe...

Poster Brothers Keepers Tour 2014 
Ada cerita menarik apa selama tour kemarin yang dapat kalian bagi kepada kita semua ?
I: hmmm... Apa ya? Banyak sih kejadian lucu dan menyeramkan selama tour hehehe. Mulai dari perjalanan dari Medan ke Rantau Prapat, kita berapa kali hampir mengalami kecelakaan. Terus di Salatiga si Bagoes stage dive dan nyusruk (ada videonya kalo mau liat hehe). Terus di Solo, di penginapan digangguin mahluk gaib. Belum lagi kalo anak-anak Under18 udah pada mabok kelakuan nya kocak-kocak bener. hehehehe...

A: Kalau cerita menarik sih ada banyak selama tur. Yang pasti semua yang ikut tur itu orang-orang yang pada jail dan hobi bercanda. Jadi pasti banyak kejadian konyol. Kita juga kadang singgah ke tempat yang ternyata ada cerita horornya dan ada beberapa temen yang sedikit ada pengalaman sama yang ga keliatan itu. Hahaha... Dan yang pasti banyak hal menarik selama kita berkunjung ke Gili Trawangan. Tempatnya mantap deh. Hehehe...

B: Cerita menarik, hmm, bisa dibilang cukup banyak. Banyak banget sih. Mulai dari crew Under18 yang diganggu sama mahluk yang ga kelihatan di Solo, additional drummer kita si Jaka yang kena cukur bulu kaki gratis, dan masih banyak lagi sih sebenarnya kekonyolan lainnya.

Tour kali ini merupakan tour pertama bagi FA dan mungkin juga untuk Under18 di Sumatera. Sumatera penuh kejutan terlepas dari rute darat yang memang lumayan melelahkan tetapi keseluruhan memberi kesan tersendiri. Sempat berjumpa dengan Anes (member Underline, Padang) di Pekanbaru, dia menceritakan tentang bagaimana scene di Sumatera dari pengelihatan dia. Dan dia cukup terkejut dengan salah satu destinasi tour kami saat itu. Kami memasukkan Dumai sebagai salah satu destinasi tour, yang menurut sepengetahuan dia. Jarang ada yang ingin bermain di Dumai, entah dia atau panitia penyelenggara memberitahukan bahkan belom ada band dari Sumatera sendiri yang memasukkan wilayah tersebut ke dalam destinasi tour mereka. Menurut informasi, Dumai juga merupakan pintu masuk bagi musik punk di Sumatera, untuk sekitaran Padang dan Pekanbaru kalau bisa dikhususkan. Tapi sayang jarang ada yang bertahan lama karena daerah tersebut memang merupakan wilayah transit. Ya begitulah, jadi bisa dibilang kami cukup senang dengan bernaneka kejutan yang ada. Sumatera sedap secara masakan maupun perkembangan scene nya. Hmm... sedikit cerita pilu sepanjang tour, celana pendek kesayangan dua biji sobekbekbek.

Perjalanan jauh dan menempuh waktu yang lumayan lama. Tentu bisa menyebabkan mood yang bermacam-macam. Bagaimana cara kalian menjaga hubungan antar personil selama tour ?
I: Gimana ya. Untungnya sih selama tour kita gak ada yang gondok-gondokan atau kesel-keselan. Mungkin karena kita semua memang doyan becanda jadi ya gak ada kejadian-kejadian yang bikin kesel-keselan antar personil. Yaa paling saling jaga batasan aja. Kalau memang ada yang keliatan lagi capek dan gak pengen diganggu, kita gak ganggu, terus kalo emang lagi pengen sendirian, jalan-jalan aja sendiri. Paling itu aja sih.

A: Iya bener. Kita selama tur memang ngelewatin mood yang bermacam macam. Apalagi kan kita ketemu sama orang yang sama terus dan ngelewatin rutinitas yang hampir sama setiap hari. Apalagi disaat kita kurang waktu untuk istirahat. Ya ada banyak sih cara kita buat menjaga hubungan dengan yang lain. Yang pasti kita banyak bercanda aja. Soalnya kalau serius nanti disangka lagi ujian. Sori ga nyambung. Tapi kalau banyak bercanda yang pasti kita banyak ketawa dan jadi senang. Ketika mood lagi jelek mungkin itu waktunya untuk sedikit menyendiri. Ya mungkin jalan-jalan sendiri atau tidur aja. Ya kita juga saling terbuka aja biar ga ada salah paham apa-apa.

B: Ga ada yang paling kita kuasaiin selain bercanda sih tapi kalau memang sudah jenuh sekali. Paling masing-masing menyendiri dan masing-masing juga tau kalau sedang tidak ingin diganggu, bukan salah siapa-siapa cuma butuh sejenak waktu untuk mengembalikan mood lagi. Tapi sejauh ini, kami akur-akur aja sih. Ya intinya tetap mengkomunikasikan soal apapun. Pengertian mendalam pada saat tour antar masing-masing personel merupakan hal yang wajib hukumnya.

Untuk Bagus. Bagaimana rasanya menjadi vokalis untuk jadwal show sebanyak ini ? (Karna kita tau sebelumnya lo gitaris untuk Braveheart dan Raincoat)
I : Silahkan jus

B: Sebulan mah ga ada apa-apanya HAHAHA. Ga lah, tentu banget ada apa-apanya. Perasaannya seru sih. Sekaligus kayak menguji ketahanan fisik sama mental. Bisa ga sih ngejalanin perjalanan selama sebulan dengan orang yang itu-itu aja, dengan aktifitas yang sama. Ya syukurlah ternyata bisa. Ini sih yang saya suka dari perjalanan, semakin sulit perjalanan. Harus semakin cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk survive. Seberapa besar kita bisa nge-push diri untuk keadaan. Mase, saya di Braveheart itu maen dram :3

Secara keseluruhan, apa point yang bisa kalian ambil dari Brothers Keepers Tour ini ?
I : Mungkin dua temen gw disini punya poin yang kurang lebih sama dengan gw. Gw mungkin lebih ke tujuan dan point dari tour yang kita jalanin, entah sendiri atau bareng sama band lain. Yaa intinya kita buat tour sih selain memang ngebangun hubungan dengan teman-teman scene hardcore di seluruh Indonesia, yaa kita juga tour pengen nyampein pesan-pesan kita ke teman di scene di luar Jakarta. Yang pasti sih kita tour pengen nyampein sesuatu yang positif. Mungkin ada band yang tour punya agenda tersembunyi seperti mempengaruhi orang-orang supaya benci sama band ini atau band itu, ato bilang band ini sombong bla bla bla... Kalau kaya gitu sih mendingan gak usah tour atau sekalian aja gak usah bikin band hardcore/punk.

Intinya sih, lo tour, sampein apa yang pengen lo sampein selama itu positif dan bermanfaat buat teman-teman di scene HC/punk. Point lain sih, bersyukur aja di Indonesia scene HC/punk nya sudah gede, musiknya udah lebih variatif dan nggak monoton. Jangan terlalu cepat ngejudge seseorang karena musik dia beda sama yang lo dengerin atau cara berpakaian dia beda dengan cara lo berpakaian. Bukan dari penampilan tapi lebih gimana dia bertindak. Selama dia ngebantu, bersusah payah, berkeringat untuk bikin acara dengan segenap kemampuannya ya kita anggap dia udah sangat berkontribusi besar buat scene mereka. Ya hardcore/punk ga harus identik dengan patches disana sini atau semacemnyalah. hehe... Pokoknya makasih sebesar-besarnya buat semua teman-teman yang sudah bantuin kita selama tour ini. We owe you bigtime.

A: . Mungkin sesuai dengan nama turnya, Brothers Keepers Tour, ya disini kita sadar kalo nilai pertemanan itu luar biasa. Kita dateng ke beberapa kota dan bisa liat berbagai kultur yang berbeda. Kita bisa menjalin pertemanan dimana saja selama kita tulus. Selama kita tur banyak orang yang sudah bantu kita dengan menyediakan tempat istirahat dan makanan. Hal-hal sekecil itu adalah hal yang membuat kita senang menjalankan tur ini karena kita mendapat banyak teman baru di berbagai kota yang sudah tulus membantu kita selama tur ini. Dan antara Final Attack dan Under 18 kita selalu saling bantu dalam keadaan apapun selama tur ini berjalan.

B: Point yang bisa didapet ya. Mungkin ya udah lama juga pengen nulis yang beginian, mumpung ada kesempatan ya jadi beginilah. Hmm jadi yang pertama, pertemanan itu beneran ga kenal bangsa, ras, suku, agama. Di tour kali ini, saya dapet pelajaran, keadaan nyata bahwa mereka yang mungkin kalian benci atau yang kalian musuhi mungkin nanti atau suatu saat bisa jadi temen atau saudara baik yang tulus ikhlas ngebantu tanpa pamrih. Berteman sesederhana dengan tulus itu tidak pernah salah. Jadi apapun latar belakangnya, bertemanlah dengan siapapun! Kumpulkan terus dan peliharalah jaringan pertemananmu!

Poin yang kedua hmm SAYA TIDAK BERMASALAH DENGAN TWO-STEPS ATAU APAPUN BENTUK GERAKAN MOSH YANG ADA SEKARANG, saya memperhatikan dan agak sedikit jengkel dengan motif mereka untuk melakukan hal tersebut. Buat saya pribadi, lakukanlah dengan hati, lakukan ketika musik atau lirik atau bandnya memberikan energi lebih untuk memberi alasan untuk kita melakukan hal tersebut. Sebenernya bagi saya sama saja seperti ketika kita melakukan stage dives ataupun pile up, semuanya atas akumulasi dorongan yang ada dan tentunya atas alasan untuk bersenang-senang. Tetapi apabila dilakukan dengan dasar untuk terlihat lebih bagus atau lebih keren, atau ada dorongan untuk berkompetesi ya tentunya mending ga usah. Kita datang jauh dan beli tiket tentunya tidak mau berada lagi di tempat yang masih mengharuskan kita untuk berkompetisi dengan lainnya. Cukup di dunia kerja atau dunia lainnya saja.

Poin yang terakhir hmm mungkin berbaik hatilah ama siapa aja, niat baik pasti ujungnya baik. Terima kasih buat yang sudah bersusah payah membantu kami selama tour kemarin. Mungkin masih banyak lagi mase yang mau dituliskan tapi kalau diteruskan bisa panjang sekalili.

Next, apa yang akan kalian lakukan dalam waktu dekat ini ?
I: Yang pasti sih selesain album baru kita, mudah2an pas ato setelah puasa kita udah bisa rekaman lagi. Sisanya sih let it flow aja. hehehehe...

A: Yang pasti kita kembali ke rutinitas sehari hari kita lagi. Hahaha. Kita juga berencana untuk masuk studio lagi untuk rekaman album berikutnya. Yang pasti sih kita lagi siapin materinya. Mudah2an tahun ini sudah bisa dirilis.

B: Masuk studio untuk merekam beberapa materi baru untuk FA, BH, SOP. Cari kerja dan jadi bosssss! HAHAHA...

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar