Selasa, 19 Juni 2012

Scene Report: Cipanas Yang Kian "Panas"

JLN.RAYA PUNCAK


CIPANAS Saat Itu, Awal Maret 2012. Dari Jalanan Perbukitan Berkelok Diantara Gunung-gunung Diperbatasan Puncak-Cisarua [Bogor] Sampai Daerah Cugenang; Perbatasan Kecamatan Cipanas-Cianjur . .

Terdapat Beragam Aktifitas Muda-Mudi Yang Menjadi Bagian Dari Komunitas PUNK, SKINHEAD Dan HARDCORE. Sebagian Banyak Berawal Dari Kesukaannya Akan Musik Kemudian Mau Memahami Pun Membuatnya Bermakna, Dan Tidak Sedikit Juga Yang Berkomunitas Dengan Berawal Dari Minatnya Akan Hal Yang Menjadi Trend Atau Sesuatu Yang Dianggap Keren, Ketika Image Pemberontakan Menjadi Sangat Kool Dimasanya, Ketika Bernyanyi Tanpa Makna Dan Berteriak Diatas Panggung Serasa Membanggakan, Ketika Akses Internet Meng-Instant-Kan Penyajian 'Kebelet Kondang' Menyaingi Mie Rebus Yang Memang Telah Lebih Dulu Tenar Bisa Disajikan Secara Instant, Ketika Rasa Malas Menjadi Semangat 'Berbisnis' Band Merchandise, Ketika. . Ketika Dan Ketika Banyak Hal Lain Yang Membosankan Yang Dapat Mengikis Essensi Dari Scene Itu Sendiri Sehingga Tidak Cult Lagi.

Lagi Dan Lagi Melalui Scene Report Ini Kami Berusaha Berbagi Info / Membuat Media Komunikasi Sederhana, Bahwasanya Masih Dan Semoga Tetap Ada Teman-Teman Yang Intens Juga Concern Terhadap Komunitas Yang Menjadi 'Rumah Kedua' Mereka Ditanah Mana Saja Dimana Kaki Berpijak.

Sebut Lagi PUNK! Keberadaannya Dicipanas ini Walaupun Sering Mendapatkan Masalah. Namun Mereka Tetap Ada Dengan Menjalin Kerjasama Antara Teman. Mereka Membentuk Music Collective, Mengorganisir Gig, Merilis Demo, Mendistribusikan CD, etc.

Sebut Saja; THE JACKASS [www.facebook.com/thejackasspunk], RASCAL DOMBASTARD[facebook.com/rascaldombastard], DISVAFOR [www.facebook.com/disvafor], CONTINUES SUCK[085694611159], TAKE ALONE [facebook/pages/Take Alone], DEMOSCRATOS [087720044894],ASSHOLE MONSTER [reverbnation.com/assholemonster], THE WOODPACKER [081912158763],VOICE OF CHAOS [087820202987], PELURU BESI [081912202164], SUNDAY MORNING [davriannumerouno@gmail.com], BILLY THE KIDS ARE TALKING OVER[kontra_culture@yahoo.com], DESTROY RIOT [087770152542]. And Many Punks. . Mereka Nampak Sangat Fun Dengan Aktifitas Yang Mereka Lakukan Diantara Dingin / Sejuknya Udara Pegunungan.

DREADLOCK @Joy's Green (R.I.P 1982-2011) Barber Shop


Jelas Terlihat Diantara Mereka Mulai Dari Aktifitas Nongkring Dipinggir Jalan Sampe Baca-Baca Di Taman Bacaan, Menulis Lagu, Tabling Food Not Bombs, Tampil Di Gig Kolektif Dan Bekerja Sama-Sama Membuat Sebuah Rilisan Audio Dalam Bentuk CD Yang Melibatkan 12 Lagu Dari 6 Band Punkrawk Cipanas, Bertajuk TIGER ROARS Vol.1 Dengan Label C.Y.C RECORDS [dance_ink@ymail.com].

Kemudian SKINHEAD. Dicipanas ini Nasibnya Agak Berbeda Dengan Punk Yang Baru Saja Di Beritakan Tadi Dan Hardcore Yang Akan Dikabari Setelah Info-Info Berikut Ini; Keberadaan Komunitas Skinhead Disepanjang Jalan Cipanas Ditandai Dengan Adanya ROOT'S RADICAL [087714337428],THE LOADS [081906512969], BLOOD FOR SKIN [085724002300], QUIETRIOT[berbagi_zine@yahoo.com], THE OFFSIDE [087820040542], SPOIL OUT CAST [087721293444], BRADER BIR[bacakusia@yahoo.co.id]. Dan Masih Ada Lagi Yang Mungkin Banget Saya Belum Tau. Well, Hal Yang Menarik Dari Komunitas Ini; Mereka Tidak 'Sepopular' Komunitas HARDCORE Dan Komunitas PUNK, Meskipun Aktifitas Mereka Sering Dijalankan Bareng-Bareng / Kerjasama Jika Di Lihat Dari; Gig, Rilisan Audio, Distribusi, etc. Untuk Label DIY-nya, Band Seperti Spoil Out Cast Masih Merilis Sendiri Demo Album Mereka Kemudian Mendistribusikannya Dengan Beberapa Bantuan Teman. Cara Untuk Mengetahui Bagaimana Sound Dari Spoil Out Cast Juga Obrolan Ringan Dengan Sang Drumer [Zoel Out Cast], Bisa Melalui FINGERTHIEF Radio-CD [facebook/group/fingerthief radio-cd friends club]

TONY OFFSIDE @PALASARI LEGION HALL


Music Collective Berikutnya; QUIETRIOT Yang Memadukan unsur Bunyi-Bunyian Dari Harmonika, Tin Whistle Dan Berencana Menggunakan Keyboard, Accordion Juga Banjo Sebagai Alat Musik Tambahan. Satu Lagu Quietriot "Salam Sjahtera" Dilibatkan Juga Pada MIXTAPE FREE ACEH PUNX [Bandung Pyrate Punx]. Disebutkan Tadi THE OFFSIDE, Band Yang Juga Loyal Terhadap Teman & Club Sepakbola Kegemarannya. Lalu BRADER BIR, Yang Dibentuk Oleh Personil-Personilnya Yang Masih Satu Rumpun Keluarga Seperti Paman, Ponakan, Adik & Kakak. BLOOD FOR SKINS Dengan Personilnya Yang Penggemar Pakaian Dari Tangan Kedua Juga Sebagai Pekerja Sosial Di Sekitar Pos Kamling Dekat Rumah Mereka. Kemudian THE LOADS, Yang Memainkan Rocksteady Dengan Lyric Humor Sarkastik Di Beberapa Lagu Mereka. Dan ROOT'S RADICAL Yang Terbentuk Oleh Selaku Bovver Boys Di Sekolahnya Komunitas Ini Berjalan Apa Adanya, Tidak Terlalu Hype Dan Tidak Sepi Juga Atau Bisa Dibilang; LUAR BIASA SEKALIGUS BIASA SAJA!

Here We Go Again!

HARDCORE, Yeaahh!!! Ketika menulis yang satu ini saya sedang kongres [baca: ngawangKONG teu beRES/curhat corhet] Di McFire Infohouse [Cimacan No.27/081906512969] Bersama Gilang Agustya & Equ Alithia Yang Tidak Bukan Adalah Personil YESTERDAY [dimakansenja@yahoo.co.id]ialah salahsatu dari band yang melibatkan beberapa lagunya dalam project 4 Way Split-CdGRAYSCALE MMXI, Co-Released By DON'T TALK Records, MADAFAKA Records &FORTHCOMING Records [yangakandatang@gmail.com]

Pastinya tidak hanya YESTERDAY, karna masih ada Hardcore - Hardcore Jalanan Lainnya di Cipanas. Seperti; AGE US THOUSANDS [aut_hc@yahoo.com], OLD ATTITUDE [facebook/pages/Old Attitude], FREEATLAST [facebook/pages/freeatlast], HEARTS AND MINDS [facebook/pages/Hearts-And-Minds], MORE RIGHT[yo_rangers@yahoo.com], GROW UP [081912077123], TAIxBABI [083817344753], BACKFAST[backfastnewschool@rocketmail.com] etcetera. . Yang Penting dan Menarik dari komunitas ini adalah Aktifitas mereka yang berdasarkan kerjasama antara teman. Begitu menyenangkan ketika melihat mereka bersenang-senang [it's interesting to see kids which getting into more creative hype and do their best for their life and give something back to their community] Bersama-sama di suatu Gig walaupun Venue-nya di studio, hingga menyewa Villa yang ruang tamu/garasi-nya dipakai untuk Singalong, Pointing Finger, Floor Punch, Mosh, Circle Pit, Wall Of Deathdan kegilaan-kegilaan menyenangkan lainnya ketika ada maupun tidak ada band dari luar kota atau luar negri yang sedang berkunjung [Tour].

AGE US THOUSANDS - STUDIO SHOW

Heyyy!! Apalah keren-nya suatu komunitas jika tidak ada aktifitas yang berdasarkan pertemanan?! Yang me-nomer-duapuluhsatu-kan Profit Oriented, Ketenaran, kebanggaan berlebihan, persaingan dan hal-hal membosankan lainnya?!

Komunitas HARDCORE, SKINHEAD dan PUNK di kota tercinta tempat saya tinggal ini hanya akan menjadi sebuah PARODI jika tidak ada DIWYF Labels, Distribusi, Fanzines juga aktifitas seperti berteman, berbagi dan bersenang-senang lainnya. . Mengutip tulisan di mini-poster yang nempel di tembok kamar kecil saya; "Hidup Zaman Modern, Kita Telah Memiliki Segalanya -Uang, Ketenaran dan Cinta- Kecuali HIDUP!" Maka di bangun lah kolektif-kolektif seperti;JANGKARACUN & WOLES BRIGADE [mengenai SKINHEAD, HARDCORE dan PUNK - Rumah Info Bunga Matahari: 085659561880], TANDU BERSAMA [HARDCORE, PUNK & SKINHEAD - Gig Organizer: yo_rangers@yahoo.com], BY THE KIDS [DIY Gig Organizer - McFire Infohouse], FINGERTHIEF [On-air Radio yang bisa di dengarkan dengan memutar rotasi CD - http://www.reverbnation.com/controller/audio_player/detachable_player/artist_516370?autoPlay=true ], BUNGA MATAHARI [Taman Belajar, Food Not Bombs, Tour Guide dan pusat aktifitas-aktifitas inisiatif lainnya: 085659561880],

EDISI PERDANA FINGERTHIEF RADIO Mini-CDr


McFire Infohouse [Tentang Skinhead, Hardcore, Punk, Dreadlock, Tour Guide, Distribusi, Radio-Cd, Guest House, Kolase, Taman Bacaan & Aktifitas-Aktifitas Inisiatif Lainnya: facebook/ McFire Infohouse].

Manteman Dari Jakarta & Marc, Marko, Alex (Vitamin X - Amsterdam) @McFire Infohouse - Cimacan XXVII

Begitulah Kabarnya Cipanas. Atas dasar komunikasi dan hal-hal yang tidak tersampaikan. Sudilah teman-teman menghubungi 'Contact Person' yang dilampirkan. Demikian dari kondisi 90% sembuh patah tulang dengan dinginnya malam di jalanan depan Villa samping kios jagung bakar sekitarCimacan, semoga kita dapat berjumpa di tempat dan waktu yang tepat!

Bayu Adhitya. . MENGABARKAN!!!
Salam Coretnada! :D :D

CIPANAS & CIANJUR PUNX N' SKINS - 1998/99








Artikel Lain:

1 komentar: