Minggu, 20 November 2011

Interview with Our Spirit

Hallo. Sebelum kita mulai sesi interview ini. silahkan di perkenalkan dulu siapa saja yang ada di Our Spirit hingga saat ini serta apa kesibukan masing-masing ?
Hallo juga mas alfian, sebelumnya terima kasih banyak sudah mau interview band hardcore pinggiran Depok ini, hehehe Perkenalkan saya tami a.k.a bagol yang mewakili interview kali ini. Oke, sampai saat ini Our Spirit beranggotakan Ari pada vocal, Agung pada gitar, Adit pada gitar, saya sendiri pada bass, dan Rifai pada Drum. Buat kesibukan kita masing – masing saya dan Adit masih sibuk kuliah dan sekolah sedangkan Ari, Agung, Dan Rifai masi sibuk melamar pekerjaan, hehehehe

Oke,apa kabar terbaru dari kalian ?Kabar terbaru dari kami, kami baru saja mengeluarkan demo yang kedua yang berisikan lima lagu. Empat lagu baru dan satu lagu dari demo yang pertama.
Sejauh ini. bagaimana respon orang-orang tentang demo terbaru kalian ?Buat respon dengan demo baru kami, Alhamdulillah responnya lumayan antusias mulai dari teman – teman dari Depok sendiri maupun dari luar kota Depok .

Sepengamatan saya. Musik kalian mengalami progress. Alunan gitarnya juga terdengar harmonis tak seperti pada demo sebelumnya yang terdengar monoton. Apa saja referensi dalam proses pembuatan demo sekarang ini ? apakah kalian puas dengan hasil recordingnya?Hehe...
Sebenarnya pada demo yang pertama Our Spirit masih beranggotakan empat orang saja sedangkan ditahun ini kita merekrut Adit untuk ikut bergabung bersama Our Spirit dan mungkin itu yang menyebabkan perbedaan mendasar antara demo yang pertama dengan demo yang kedua kita. Buat demo yang kedua ini kita ga ada referensi – refrensi khusus dan semuanya berjalan begitu saja.
Dibilang puas si belum, tapi kita tetap bersyukur dengan demo yang kedua ini dan mudahan di tahun tahun berikutnya bisa lebih bagus dari demo yang kedua ini (amin)

Di demo pertama ada Dust Bold Today. Dan sekarang ada Reality Nature dan Let's Prove Right now. Nampaknya kalian banyak mengangkat tema-tema tentang lingkungan hidup. Semua itu memang sudah di konsep atau bagaimana ? siapa yang banyak menulis lirik untuk OS ?
Dalam pembuatan lirik – lirik tersebut sebenarnya berjalan begitu saja mengikuti peristiwa – peristiwa yang terus terjadi dan kami rasa patut untuk dikritisi dan disadari oleh setiap masyarakat indonesia pada umumnya. Dan mungkin lagu tersebut dapat memotivasi kita untuk lebih perduli terhadap lingkungan kita sendiri, dimana sekarang ini rasa perduli kita terhadap lingkungan semakin memudar, yang membuat lirik di Our Spirit diserahkan kepada saya dan dibantu oleh personil – personil yang lain.

Depok City Hardcore. Apa yang melatar belakangi kalian untuk membuat lagu tersebut ? apa itu sebagai bentuk kecintaan kalian pada scene hardcore di kota Depok ?
Yaap ! benar sekali mas alfian, itu adalah bentuk kecintaan kami terhadap kota tempat kami tinggal dan juga bentuk kecintaan kami terhadap scene hardcore/punk Depok khususnya dan mudah – mudahan dapat menjadi energi positive bagi band – band hardcore/punk Depok untuk lebih bersemangat dalam berkarya dan berekspresi, tapi kami ga bermaksud sedikitpun untuk mengkotak – kotakan scene hardcore/punk kami Cuma ingin kawan – kawan dari luar kota tahu bahwa kami ada dan ikut berkontribusi dalam scene hardcore/punk.

Bicara tentang scene. Bagaimana pandangan kalian tentang scene hc/punk di kota Depok saat ini ? dan Menurut kalian apa yang kurang/belum ada di scene Depok ?
Buat scene hardcore/punk Depok menurut kita lumayan berkembang banyak sekali band – band baru yang keren – keren dan ga kalah dengan band – band yang sudah lama berkontribusi dalam hardcore/punk di Depok good luck deh buat kalian , yang belum ada di scene Depok adalah tempat kumpul bareng dimana kita bisa saling silahturahmi, tukar pikiran, berbagi pengetahuan atau semacamnya.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mendengar kabar kalau OS ingin membuat split bersama Looking Back ? bagaimana perkembangan proyek kalian tersebut ?
Wah buat masalah itu sih kita siap – siap aja tinggal nunggu kabar aja dari pihak Looking Backnya gmn, kalo jadi pasti kita kabarin kok.

Menurut kalian apa yang terjadi dengan para individu yang mengklaim dirinya hardcore kids lantas membenci para emo kids. Padahal kalau di lihat dari sejarah emo itu adalah subkultur dari punk juga sama seperti hardcore.
Menurut kami selama band emo tersebut tidak bergeser terlalu jauh terhadap attitudenya kenapa harus di benci, toh dia juga tidak mengganggu kehidupan kalian dan buat para hardcorekids yang sangat membenci emo mungkin bisa dibilang rasis juga sih

Kemarin kan pemilukada untuk kota Depok. Anak-anak OS pada nyoblos nggak nih ?
Kita ikut dong dalam pemilukada dan mudah – mudahan siapa pun walikotanya yang terpenting ga banyak basa – basi, karena kita sudah terlalu capek buat dengerin janji –janji yang tak kunjung terealisaisikan. Hehehe

Tolong komentari beberapa band di bawah ini :
a. Comeback attack
b. Struggle of youth
c. Nod Off
d. Real Project
e. Otomatis Romantis


Tidak ada kata lain yang bisa kami katakan selain IT’S THE GREAT BANDS dan kami belajar banyak dari band – band tersebut .

Sebagai band yang banyak mengangkat isu-isu lingkungan hidup. Sejauh mana kalian memaknai slogan-slogan Go Green dan Stop Global Warming ? lantas gimana cara kalian untuk tetap menjaga bumi kita ini ?
Buat memaknai arti GO GREEN atau STOP GLOBAL WARMING sudah kita lakukan dari hal – hal yang terkecil contohnya saja membuang sampah pada tempatnya, penggunaan listrik yang tidak berlebihan dan mengunakan angkutan umum untuk berangkat kuliah (buat saya sendiri) dan mungkin dengan cara itu kita sudah bisa dikatakan sebagai orang yang ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam menjaga bumi kita tercinta ini, mudahkan.

Depok makin hari makin panas. Kalian tahu penyebabnya ? adakah saran untuk menjadikan Depok sebagai kota yang teduh ?
Penyebabnya mungkin karena tidak ada kebijakan tetap tentang pembatasan kendaraan bermotor, tidak di sosialisasikannya bersepeda sejak dulu, pembangunan perumahan – perumahan yang terus meningkat, uji emisi pada setiap kendaraan yang tidak tegas, pembangunan dan pelebaran jalan yang tidak sebanding dengan penghijauan yang dilakukan, gengsi rakyat indonesia yang terlalu tinggi dll.
Buat saran dari kami, sosialisasikan penghijauan dilingkungan anda dan tingkatkan kepedulian kalian terhadap bumi kalian ini, anak dan cucu kalian juga nanti ingin menikmati indahnya pepohonan rindang, air dan udara yang bersih, mulai dari sekarang tanamkan dalam hati bahwa ini bumi kita dan kita punya kewajiban untuk menjaganya (tua banget gw ngomong gini, hehe)

Oh yah,gimana situasi di daerah kalian ,Pondok Terong? Beberapa waktu yang lalu terdengar kabar situasi di sana sedang mencekam karna ada yang bunuh diri ?
Kalo denger – denger rumor yang beredar bukan orang bunuh diri mas alfaian, tapi seorang ibu –ibu yang hamil tua yang meninggal dan cabang bayinya masih dalam kandungan dan kata orang – orang sih rohnya masi bergentayangan ditengah malam, buat kebenaranya silahkan mampir – mapir aja ke daerah tempat kita tinggal. hehehe

Hingga saat ini apa saja yang sudah OS ciptakan selain demo ? btw,kapan nih first album kalian keluar ?
Sampai saat kita mempunya satu 4 way split album yang di rilis oleh Don’t talk record dan bersama tiga band keren diantaranya Comeback Attack dari Depok, Nobody’s straight dari Perancis dan Holy Shit dari Malang, buat album pertama belum terpikirkan tuh mas, mungkin satu sampai dua tahun lagi karena butuh materi yang benar – benar matang dan dana yang tidak sedikit tentunya, hehehe

Kayaknya udah nggak ada yang saya ingin tanyakan lagi. Ada kata-kata terakhir untuk menutup interview ini ? berikan juga kontak OS untuk yang mau berkomunikasi. Oke,sekali lagi terima kasih yah udah mau ngjawab interview ini. sukses terus.
Pesan terakhir dari kami, terimakasih banyak buat mas alfian dan bungkan suara zine tetap berkarya dan sukses selalu, buat teman – teman kita dari berbagai daerah yang tetap support hingga hari ini, GO GREEN and KEEP POSITIVE , buat yang ingin berkomunikasi atau mau bagi – bagi info gigs lebih lanjut bisa check di :
oshc09@yahoo.com
www.ourspirithc.blogspot.com
http://www.reverbnation.com/ourspirit
CP : 08988031713 (Tami)

Sumber Foto: Our Spirit
Interviu ini pernah dimuat pada Bungkam Suara #3 edisi November 2010


Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar