Rabu, 16 April 2014

Kylesa Live In Jakarta: Suguhan Gahar Nan Mempesona Sekaligus Ramah

Kylesa Memukau Jakarta. Photo by @ardymarwan
Veteran sludge asal Savannah, Georgia, Amerika Serikat yang digawangi Laura Pleasants (Guitar,vocal) , Phillip Cope (Guitar,vocal), Chase Rudeseal (Bass), Carl McGinley (Drum, Percussion ), Eric Hernandez (Drum, Percussion) ini memang sudah ditunggu-tunggu kedatangannya. Sejak mereka meng announce tour Southeast Asia nya dan Indonesia jelas menjadi salah satu plesiran band yang terbentuk di tahun 2001 ini. Bandung dan Jakarta menjadi destinasi tour mereka. Indonesia sendiri Kylesa di organize oleh brand asal Bandung yaitu Maternal Disaster bekerjasama dengan Here to Stay jakarta, Grieve Records, juga Lawless Jakarta. Maja House Dago di Bandung dan Rossi Music Fatmawati di Jakarta menjadi pilihan venue nya.

Yap, Minggu tanggal 13 April 2014, Jakarta akan disinggahi Laura Pleasants cs, setelah pesta di Bandung pada sabtu malamnya, yang tampak hatceepp setelah melihat update nya di jejaring sosial, membuat semakin tidak sabar terkontaminasi riff-riff gitar ala psychedelic rock kotor sludgy-sludgy.

Dijadwalkan gerbang dibuka jam 15.00 dan eiks sampai venue sekitar jam setengah 4. Jakarta diguyur hujan, tapi semangat jemaah Kylesiah tetap membara seperti areng yang sedang dikipas kipas oleh pembakar sate dengan dibantu kipas angin mininya, halah hehe. Dan eiks pun tidak telat karena memang gerbang belum dibuka, antrian di depan venue lumayan padat. Eiks ikut mengantri.

Dikabarkan Kylesa sedang sound check di dalam. Oya, catatan my diary: di Jakarta sendiri tidak ada opening act nya, setelah di Bandung Kylesa dibuka oleh Ssslothhh, dan ((AUMAN)), sungguh disayangkan sekali. Bisik-bisik faktornya karena masalah perizinan keramaian di Jakarta. Yap, balik lagi ke venue, setelah menunggu sekitar setengah jam lebih, akhirnya gate dibuka, jam 4 lewat kalo gak salah. Stage berada di Parking Lot Rossi Music, mungkin kalau di dalam 2 drum Kylesa sepertinya tidak cukup, yegak? setelah masuk terlihat booth menjual tshirt, cd, dan vinyl Kylesa.

Laura Pleasants. Photo by Damasus Ekodimus 
Dan sesampainya di depan stage mencari posisi yang asik, tampak Philip Cope dan Laura Pleasants di samping stage. "wow anjingggggg!!!" ucap eiks dalam hati. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya Kylesa naik panggung, dengan dadah-dadah mereka menyapa para jemaah kylesiah Jakarta, yeaaahhh pestaaaaaaa! Dibuka dengan "Bottom Line" single dari album lawas mereka di tahun 2005, crowd masih terlihat menganggukan kepala, yeah memang sangat meghipnotis, dilanjut dengan "Dont Look Back", crowd mulai sing along dengan laun. Lalu tanpa henti gaspol Phillip Cope dan kolega nya menghajar Jakarta, lanjut ke nomer pilihan dari album Spiral Shadow, yaitu "Tired Climb", favorit eiks!

Yeaaah sejenak menaruh camera, menikmati dentuman demi dentuman, anjiiiingggg, legaaaa. Lalu crowd mulai memanas di nomor "Quicksand" dari album teranyar mereka -Ultraviolet- circle pit mini di tengah crowd tak terelakan. Tanpa ampun mereka terus menggerus crowd lewat tembang ciamik nan progresive, "To Forget", crowd lebih memilih menikmati dengan seksama berheadbang dengan hikmat. Laura Pleasants dan Mas Phillip Cope menyapa ditengah – tengah laga tandang mereka, berterima kasih pada crowd, basa- basi mereka berlangsung lama. "Said & Done" dari album Static Tension di tahun 2009, membuat crowd yang sedang lengah ekstra bersigap, dilanjut dengan tembang "Unspoken", ekstraaaaaaa!! Duo drums Carl McGinley & Eric Hernandez memang membuat beat-beat yang sangat indah dan groovy, bikin kepala pegal mas, ampuunn. Duo drums Kylesa ini memulai memberikan nada-nada perkusi yang melenggang menembus telinga tersaring di jiwa, halah. Yap tentunya setelah cabikan bass Chase, kalian tau? Yaaa "Unknown Awareness" pun dimainkan, crowd meliar tanpa surfing, circlepit mini masih awet tapi semakin ramai liar.

Lalu kembali laga terus tanpa henti dimainkan dengan apik dari album Static Tension, "Scapegoat" dan "Taking This" dari album biru Ultraviolet. Laura semakin onfire, yeaaahhhhhhh!! Kembali menyeruak single kojo kembali dari album Static Tension, "Running Red". Dan siapa sangka setelah lagu selesai mereka menyudahi rangkaian acara kembali dengan berterima kasih dan dadah dadah turun dari stage dan oh crowd terkaget – kaget dan secera perlahan berkesinambungan semakin keras meminta encore: "we want more, we want more!!!" Tak sampai 5 menit mereka naik kembali memuaskan dahaga crowd, yang kena tanggung banget.  Sebelum memulai encore, Laura sempat meminta foto crowd langsung dari hapenya tjiaaahhh,cekreekkk... "Hollow Severer" dipilih menjadi tembang encore penutup rangkaian tour mereka di Indonesia, aslii pecaaahhh bro. Sebenarnya tak dapat eiks rangkai menjadi kata- kata, menolak move on jelas! Nilai tambah di stage performance mereka lighting cukup menawan, poin plus sekali, indaaahhh.

Setelah selesai pun crowd menunggu sejenak di dalam venue, masih menunggu, dan akhirnya semua personil Kylesa menyapa crowd, dengan ramah tamah, foto-foto bareng, tanda tangan, ngobrol-ngobrol pun tak terduga. Mereka sangat humble, keren sekali, bersyukur bisa menyaksikan mereka, mudah-mudahan sesegera mungkin mereka akan menyambangi Indonesia kembali, mudah – mudahan, big thanks for Kylesa membuat penghujung weekend menjadi indah. (Fauzan)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

(Penulis mengalami trouble pada memory card camera milik nya. Sehingga file-file foto yang menangkap betapa serunya aksi panggung Kylesa pun harus rela hilang begitu saja. Beberapa foto yang kamu lihat di sini adalah hasil dari meminjam berbagai sumber.) -Redaksi Lemari Kota.

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar