Senin, 30 September 2013

Helpline: Saluran Anti-Kekerasan



Apa sih helpline itu?
Helpline adalah medium curhat melalui komunikasi via telpon, email, atau tatap muka (jika dibutuhkan) bagi teman-teman yang merasa perlu teman bicara ketika menemui situasi Kekerasan dalam Hubungan atau Kehamilan Tidak Direncanakan (KTD). Tapi kalau mau colongan ngobrolin tentang seksualitas juga yuuuk!
Akan ada nomor-nomor telpon yang bisa dihubungi langsung, atau melalui email jika belum siap bicara. Kami akan mendengarkan dan memberikan dukungan sesuai kapasitas dan kemampuan kami. Keputusan kembali pada individu, kami hanya membantu dengan menjadi pendengar yang setia (ciyeh…), menyediakan informasi, serta memberikan rujukan jika dibutuhkan.

Keuangan project ini murni berasal dari kas kami (yang sialnya tak seberapa) dan dukungan pertemanan. Kalo gak percaya liat aja di segala medium kami ada gak logo atau ucapan terimakasih pada lembaga atau funding donor hehe… Panjang umur network of friendship!!!

Kenapa kami melakukannya?
Oke tanya & jawablah dengan jujur dalam hatimu, siapa diantara kita yang pernah mengalami atau tau orang disekitar kita yang pernah mengalami situasi Kekerasan dalam Hubungan atau Kehamilan Tidak Direncanakan? Jawabannya bisa beragam; diri kita sendiri, teman, kakak, adik, sepupu, ibu, dll. Lalu kenapa kita terus mendiamkannya saja? Apakah kita ingin melatenkan budaya kekerasan dan patriarki?

Kita menganggap ini hal personal, “urusan dapur masing-masing” demikian yang kerap menjadi alasan pengabaia. Sementara dampak dari Kekerasan & KTD sangat luar biasa berpengaruh baik secara fisik maupun psikologis seseorang dalam jangka waktu pendek dan panjang (trauma). Dan jangan salah duga kalau hanya perempuan saja yang menjadi ‘korban’, pihak pelaku turut menjadi korban dalam bentuk yang lain, kami juga bersedia bagi kalian yang merasa pernah melukai orang lain untuk bercerita dan membantu kalian sebisa kami.

Sederhanya, karena hal ini terus terjadi disekitar kita. Orang-orang yang kita sayangi (termasuk diri kita sendiri) terus terlukai & dihakimi. Susah mendapat informasi serta dukungan dari sekitarnya. Kami juga letih dengan pengabaian dan penghakiman tanpa solusi. Jadi anggap saja ini inisiatif kecil dari kami dan tidak mungkin berjalan tanpa dukungan kalian semua juga.

Apa ini untuk perempuan saja?
Nggak, teman laki-laki atau transgender, atau apapun orientasi kamu dipersilahkan menghubungi kami saat kalian mengalami situasi Kekerasan dalam Hubungan atau Kehamilan Tidak Direncanakan (KTD).

Mau berpartisipasi?
Boleleboooo… silahkan hubungi kami dan beritahu kami apa yang ingin kamu dukung. Kami juga sebaliknya akan menginformasikan dukungan-dukungan apa yang kami butuhkan. Tapi paling tidak sejauh ini beberapa hal yang bisa kamu dukung:

  • Membantu menyebarkan informasi nomor dan email helpline kami ke lingkungan kamu.
  • Menjadi ‘sahabat dadakan’ di wilayah kalian masing-masing. Maksudnya; kalian bersedia untuk menemani jika seseorang (misalnya) karena keadaan fisik, psikologis atau keamanannya butuh ditemani visum ke rumah sakit, periksa ke klinik, menemani membuat laporan pengaduan, mengantar ke LBH, dll…
  • Menjadi donatur dadakan (pas lagi ada rejeki aja), atau menjadi donatur tetap setiap bulan untuk kebutuhan seperti ; pulsa, penggadaan materi publikasi (cetak, print, fotocopy, dll).


Kontak mereka di :
0856-4364-9400
0877-3974-5800
E : helplinennb@gmail.com

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar