Senin, 30 September 2013

Yudha Artcore: Tukang Gambar Yang Senang Tengkorak

Yudha Artcore. Photo by Yudha doc.
Yudha aka Ucrit adalah seorang artworker potensial dari Kota Depok. Progesivitas karya-karyanya kini membuat ia dipercaya oleh sejumlah band-band hardcore/punk lokal dan mancanegara dalam menangani artwork mereka.

Melihat gambar-gambarnya yang dominan tengkorak tentu akan mengingatkan kita pada Arian13, Sunya Raw, atau bahkan Pushead, artworker yang juga identik dengan tengkorak.

Tidak hanya sebagai seorang tukang gambar. Yudha pun sempat pula menerbitkan sebuah fanzine Coret Kertas yang sedikitnya fokus mendokumentasikan skena hardcore/punk lokal serta buah tangan para artworker lainnya.

Berikut ini adalah obrolan singkat Lemari Kota bersama pria yang gemar dengan kopi tersebut. So, baca segera. (AL)

Hallo Yudha. Sebelum mulai panjang lebar. Kenalin diri dulu dong.
Nama gua Yudha dan gua jomblo saat ini..hahaha dan ga ada yang spesial di diri gua.. :D haha

Bagaimana kondisi lu saat menjawab interview ini ?
Ehmm lagi pilek aja si. Ya tapi kuat lah buat jawab esay lu.. :D

Ceritain dong sejak kapan sih mulai tertarik dengan dunia gambar ?
Tertarikk??? Kalo tertarik ya dari gua SD, tapi kalo minat serius, gua sejak 2009an.

Terus bagaimana prosesnya hingga lu tertarik menggambar dalam lingkup scene ini ?
Sebenernya tertarik karena hobi gua aja, dan kayaknya seru gambar di lingkup scene, karena keterbatasan skill aja. Jadi gua lebih sering gambar buat lingkup di scene. (cuma bisa gambar tengkorak haha)

Gambar apa dan untuk siapa yang pertama kali lu buat ?
Gambar apa? Gambar 4 zombie, lagi saling merangkul, dan se-inget gua itu buat Pasal13 (Kediri), itu waktu jaman Friendster. Jadul banget hahaha.

Gambar-gambar lu dominan tengkorak. Ada apa dengan tengkorak ? apa yang membuat lu tertarik dengan itu ?
Ada apa dengan tengkorak?? Sebenernya ga ada apa-apa, hanya hubungan ketertarikan aja hahaha. Ketertarikan dengan gambar tengkorak itu sebuah spontanitas aja dan menurut gua tengkorak itu keren.

Art by Yudha Artcore

Tengkorak mengingatkan pada Pushead. Apa pendapat lu tentang dia ?
Yesss. Pushead salah satu artworker yang jadi inspirasi gua, ibaratkan kitab hahahaha. Tapi gua salute sama karya-karyanya. Dia luar biasa.. :D

Siapa sih biasanya yang menjadi inspirasi lu menggambar ?
Inspirasi gua ya para artworker yang gua suka, terkadang yang bikin mood jadi on lagi ya mikirin seseorang yang gua suka.. hahahaha

Bagaimana proses suatu gambar itu tercipta ?
Wah panjang kalo cerita.. haha kalo gua standart aja: sketsa, doting, finishing.

Sebutin dong siapa saja yang sudah pernah lu buatkan gambar ?
Kalau lokal nya: Busuk, CintaxFitri, Ninja Hatorry, ProyekxGagal, Batosai-x, Autodestruction, Diexfast, Sonata, Big Stand, ProxAktif, Fat Bastard, dan beberapa lagi.

Kalau buat luar: Attitude (Italy), Common Enemy (Pennsylvania), The&rules merch (Malaysia), dan Christer Petterson (Swedia).

Art by Yudha Artcore

Denger-denger salah satu gambar lu pernah ada yang dijadiin tattoo yah sama seorang wanita dari negri seberang sana. Bisa ceritain tentang hal tersebut ?
Nah kalo itu engga sengaja, jadi waktu itu gua main poker online, nah doi nge-add gua dari game itu, kita saling kenalan, dan profesi kita pun sama, sebagai penjaga cybercafé (warnet) dan mungkin dia tertarik sama gambar gua, dari situ dia minta buatin gambar untuk tatto di lengannya. Ya gua si cukup terkejut aja, ada yg mau make gambar gua buat tatto..hahaha “and you still a beautiful”

Menurut lu, apakah gambar bisa menjadi basis ekonomi alternatif ? Maksudnya apakah bisa menjadi sumber penghasilan ketimbang harus kerja formal ?
Sumber ekonomi alternatif ? Bisa, buat artworker yang profesional, nah kalo gua ga bisa buat di patok gitu, soalnya kalo gua tergantung mood, makanya gua jadiin gambar buat hobi, dan sampingan aja.

Pernah punya pengalaman dengan pembajakan ? apa pendapat lu tentang pembajakan ?
Pernah, pendapat gua tentang pembajakan (artwork) ?? ehmm fukk you.

Apa pencapaian tertinggi lu dari apa yang lu lakukan ini ?
Pencapaian gua?? tertinggi?? apa yaa?? pas lu tanya ini, gua blank... ga tinggi-tinggi sih, cuma pengen ikut exhibition artwork sama artworker lokal.

Sebutin dong, artworker yang menjadi favorite lu.
Kalo lokalnya : Varises Otak (Jogja), Blackrajah, Ken Terror Filthy Finger Manufakture, Tremor, Devilreject Art Bustarinov, SilencerEight Artwork, Slez Artsick, banyak yang belum disebut termasuk kamu haha

Kalo buat luarnya: Pushead, Monkeymouth, Shunsuke shimizu, Akihiko Sugimoto, Miguel Endara, Ramon Costa, dan masih banyak lagi yang ga kesebut.

Ada rencana untuk membuat pameran tunggal ?
Wah ga kepikiran, ga PD ..hahaha

Sedikit bicara soal zine. Apa kabarnya Coret Kertas Zine ?
Wahh kabar nya Cokerz lagi ga bagus, lagi nemeuin titik stag hahaha tapi diusahakan agar tetap muncul kepermukaan... aminnn :D

Apa yang lu ketahui soal Lemari Kota Webzine ? Berikan pendapat lu soal itu.
Lemari Kota Webzine itu udah kaya lemari es, selalu fresh (update) kalo dibuka, setiap gua online ada aja yang baru.. hahaha pokoknya maju teruss.. :D

Terakhir. Adakah tips and trick untuk yang mau mulai belajar gambar ?
Tips and trick nya, sabar dan mau berusaha. Gambar hal yang menyenangkan, yang ada di pikiran kamu, imajinasikan aja dan drawing kan aja.

Art by Yudha Artcore
Art by Yudha Artcore
Art by Yudha Artcore

Art by Yudha Artcore

Art by Yudha Artcore


Artikel Lain:

1 komentar:

  1. wawancaranya slengean asli. haha. tapi gambarnya gak kalah sama karyanya arian13

    BalasHapus