Senin, 27 Januari 2014

Katuamidruta: Upaya Pengarsipan Rilisan Lokal Dalam Bentuk Digital

Setan apa yang telah merasuki jiwa saya hingga melupakan file short-interview bersama Roy Ferris yang dilakukan pada Oktober 2012 silam. Dan baru saya temukan secara tidak sengaja baru-baru ini.

Sekedar info, Roy Ferris adalah seseorang di belakang Katuamidruta yang fokus mengarsipkan data audio dari skena hardcore/punk lokal. Bukan maksud untuk melatih seseorang untuk lebih cenderung gemar mendownload. Bung Roy yang juga aktif di band Zudas Krust bermaksud untuk  mengarsipkan berbagai rilisan yang sudah tidak ada lagi bentuk fisiknya. Seperti yang ia tulis pada sisi kanan blog tersebut, "Blog ini, hanya sebagai review dari semua produk yang dihasilkan. Juga sebagai arsip dari banyak stuff-stuff awal yang sudah tidak ada lagi kaset atau Cd-nya. Kami share kembali, hanya untuk mengingatkan kalian, bahwa banyak band-band bagus ketika awal-awal scene ini berkembang." (AL)

Ceritain sedikit dong tentang Katuamidruta; Kapan lahirnya? Dan atas dasar apa sih membuat Katuamidruta?
Hmmm, gimana ya mulai ceritanya ?! Karena saya kurang tahu pasti kapan saya mulai membuat blog ini. Kalau tidak salah sekitaran tahun 2010 dan pertama kalinya share adalah Demo pertama band Jogja, yaitu Atret. Yang Demo ini beredar sekitar tahun 1997-an. Ada cerita seru pas saya share mp3 Demo Atret ini, ternyata ada beberapa teman yang tidak tahu tentang Demo ini, sampai akhirnya salah satu personil band ini memberikan komentarnya bahwa mereka pernah mengeluarkan Demo pertama mereka dengan title "Kill The Gasser". Hahahaha...

Menarik kalau mengingat awal-awal saya mulai share di blog yang saya jalanin itu. Hahaha... Kalo ditanya dasarnya, kenapa saya membuat Katuamidruta itu, karena saya suka mentransfer Demo-Demo Tape koleksi saya menjadi format mp3. Ini sudah saya lakukan sejak tahun kurang lebih 2004-an. Dan tahun 2010 lah, saya mulai membuat blog ini untuk mempermudah men-share info tentang rekaman-rekaman awal mulai berkembangnya scene Hardcore/Punk disini. Walaupun tidak banyak tapi saya berharap bisa memberikan kontribusi untuk teman-teman. Pada dasarnya, saya juga menekankan juga untuk teman-teman supaya membuat sebuah bentuk fisik dari Demo-Demo yang mereka share. Sangat disayangkan kalau saja hanya membuat Demo hanya sebatas share data Audio dalam bentuk download. Setidaknya ada bentuk yang bisa dijadikan cerita menarik dikemudian hari ketika Demo-Demo tersebut sudah tidak lagi beredar atau band yang bersangkutan bubar atau hal lainnya yang terjadi. Kadang ketika ada teman-teman yang share Demo mereka, saya juga menanyakan tentang kover Demo mereka dalam bentuk Jpeg atau format lainnya dalam ukuran maksimal. Karena biasanya, saya akan melakukan print dan membuat bentuk fisiknya sendiri. Setidaknya untuk saya pribadi selain saya mendapatkan share Audio dalam bentuk mp3, saya juga ingin memiliki dalam bentuk fisiknya.

Di Katuamidruta, ada team work atau kerja sendirian bang?
Pada dasarnya tidak ada team-work yang terbentuk secara terorganisir. Lagipula siapapun bisa terlibat menjadi team-work blog ini, secara tidak langsung. Awalnya memang saya mengerjakannya sendiri dari mulai me-layout blog sampai meng-upload data-data yang mau di-share. Lalu setelah itu, saya mulai dapat bantuan dari Dani Tremor. Dia memberikan sentuhan kreasinya dalam bentuk artwork untuk banner dan juga membantu banyak upload-an data-data Audio. Dari sini juga, akhirnya saya melibatkan teman-teman yang ingin share Demo mereka untuk memberikan link download yang sudah mereka upload. Sehingga memudahkan saya untuk melakukan update dengan cepat. Kalo dilihat kan, secara tidak langsung sudah terbentuk team-work dengan sendirinya.

Gimana sih prosesnya supaya karya band kita bisa ada di Katuamidruta?
Sebenarnya tidak diharuskan wajib share Demo melalui blog yang saya jalanin ini. Banyak juga kok, Blog yang bagus-bagus yang juga mempunyai fungsi sama, yaitu melakukan share informasi yang dijalani teman-teman lainnya. Mungkin karena blog yang saya jalani ini, saya khususkan untuk scene Hardcore/Punk lokal, maka beberapa teman-teman mempunyai ekspetasi lain melihat blog yang saya jalani ini...Hahahaha... Memang tidak ada peraturan baku yang tertulis, tapi memang kalo ada beberapa teman yang ingin share Demo mereka di Katuamidruta, biasanya saya hanya meminta Genre musik yang mereka mainkan, asal band, tahun rilisan/rekaman dan link download (itupun kalo mereka memilikinya), karena tidak sedikit juga yang mengirimkan Demo-Demo mereka melalui email dalam bentuk data Audio dan saya pun harus meng-upload ulang sendiri. Dan tentunya yang tidak ribet dengan urusan perihal Hak Cipta atau Copyrights... Itu saja sebenarnya prosesnya, walaupun kadang saya juga sedikit terharu jika ada beberapa teman yang memang memiliki keinginan untuk melakukan share lewat blog yang saya jalani ini...Hahaha...

Tanggapan ente terhadap SOPA/PIPA?
Untuk beberapa pihak sebenarnya ini sangat menguntungkan mereka, seperti halnya label-label besar dan band-band yang terlibat dalam hukum Hak Cipta tersebut. Tapi yang menjadi permasalahan, hal ini mencakup banyak ruang dalam hal share data. Banyak akses-akses yang awalnya mudah dilakukan menjadi sangat sulit karena adanya peraturan-peraturan yang dikeluarkan pihak SOPA/PIPA, juga tidak sedikit yang akhirnya diblokir secara tidak langsung. Ini yang menjadi banyak pihak-pihak pengguna situs sharing data di dunia menjadi tidak suka dengan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh SOPA/PIPA. Tapi bagi saya pribadi hal ini bukan menjadi hal yang besar yang juga ditanggapi teman-teman lainnya. Yang ternyata banyak juga teman-teman yang share situs untuk ruang berbagi dalam bentuk lain.

Apa sih artinya Katuamidruta? Kenapa pake nama yang susah diingat dan diucap bang?
KATUAMIDRUTA, saya ambil dari lagu band Punk lamanya kota Malang, THE LIAR. Katuamidruta itu maksudnya Tak Mau Di Atur...Karena kebiasaan orang Malang itu menggunakan Bahasa balikan. Karena saya dulu sempat lama tinggal di Malang, hampir 10 tahunan, dan saya mendapatkan Demo ini langsung dari salah satu personil mereka. Ini saya pakai, ketika saya mendata koleksi Demo yang saya miliki. Dan saya suka dengan kata "Katuamidruta" pada lagu band The Liar. Makanya saya pakai untuk blog yang saya jalani ini. Memang sedikit rumit untuk diingat, mungkin disitu daya tariknya...Hahahahaha...

Oh iya, selain ngurus Katuamidruta. Ente aktif di band juga kan? Sebutin bang sekarang aktif di band apa aja?
Waktu masih di Jakarta, saya main Drums untuk ZUDAS KRUST. Sekarang semenjak saya tinggal di Sumatera Utara, saya main Drums untuk band JAHAT. Masih bermain musik yang tidak jauh beda dengan Zudas Krust. Saya jarang mempunyai band lebih dari satu, biasanya satu juga sudah repot...Hahahahaha... Eh, sedikit promosi, JAHAT sudah keluar album-nya dibawah label Doombringer Records... Hahahaha...

Menurut ente, sejauh ini perihal pendokumentasian untuk scene Punk/Hardcore lokal bagaimana?
Sebenarnya banyak yang melakukan pen-dokumentasi-an untuk stuff Hardcore/Punk lokal tapi tidak banyak juga yang melakukannya secara serius dan menyimpan dengan baik. Kadang ada yang membeli, setelah mendengarkan hilang begitu saja atau hal lainnya. Menurut saya pribadi, kalo dilihat sekarang, banyak teman-teman yang sudah mengumpulkan stuff-stuff lokal mulai dari rilisan terbaru sampai rilisan ulang. Dan tidak sedikit juga, yang terlihat mulai mencari rilisan-rilisan lama yang sudah tidak atau jarang beredar. Jadi point-nya untuk support stuff lokal, memang tidak akan pernah mati. Dan memang jangan pernah mati. Karena apa yang saya rasakan, produksi lokal dalam bentuk Audio sudah tidak kalah dengan band-band dari luar sana.

Check: http://katuamidruta.blogspot.com/

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar