Minggu, 15 Juni 2014

#review | We The People "Big Rush!", Tape Cassette (Various Labels, 2014)

Tiga tahun yang lalu saya mendengarkan It's The True Reality, sebuah EP yang We The People (WTP) edarkan secara mandiri. Mereka kental dengan nuansa oldschool hardcore yang diselingi dengan nafas modern hardcore. Tapi selang beberapa tahun kemudian, saya mendengar kabar bahwa mereka menapaki warna baru dalam bermusik. Mereka memainkan post-hardcore ala Dischord Records, katanya. Ekspektasi ketika itu langsung mengarah kepada trio Vague yang kala itu baru saja booming di skena lokal, paling WTP-pun seperti itu.

Sampai kepada akhir 2013 lalu, single "Tukang Rebutan" dirilis. Buyar semua dugaan awal saya. WTP masih memainkan youthcrew yang kemudian banyak dibumbui post-hardcore ala Fugazi, Rites of Spring, The Nation Of Ulysses, dan sejenisnya. Banyak part yang danceable sekali seperti pada track "Big Rush!", "Bentrok", "Bayar Kami". Bahkan mereka begitu megah terdengar pada track "Loom Of Hope" yang liriknya ditulis dan dinyanyikan langsung oleh Acil dari Wreck. "...Look Out, Soul is Back" teriak mereka, entah kenapa membuat bergidik.

Untuk masalah lirikalitas. Mereka begitu sarkas. "...Jika kalian melanggar, bayarlah kami. Jika kalian tetap bersalah, tetap bayarlah kami. Bayarlah kami.. Bayarlah kami.." celetuk mereka sebagai gambaran akan dimana uang menjadi kunci utama dalam segala hal.

We The People sepertinya tau betul bagaimana menyajikan hardcore/punk yang sederhana namun menjadi tidak murahan. Semua bebunyian begitu harmonis, tidak ada yang saling merajai satu sama lain. Menjadikan album Big Rush! ini, adalah salah satu album yang sepertinya wajib dimiliki tahun ini. Apa saya berlebihan ? Silahkan rasakan sensasinya sendiri. (AL)

https://soundcloud.com/grimloc/wethepeople-this-world-is-full-of-idiots

FYI, Grimloc Records baru saja merilis album Big Rush! ini dalam format CD.

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar