Selasa, 23 Februari 2016

Ternyata Tempat Seperti Ini Bisa Juga Dipakai Untuk Gigs (Part. 2)

Melanjutkan artikel sebelumnya dengan tema yang sama. Dan demi menebus hasrat mengorganisir gigs yang mulai dibatasi oleh minimnya tempat dan mahalnya harga sewa. Juga atas nama ide ide liar yang tak terbatas. Gua akan melanjutkan mereview tempat-tempat gaib yang bisa kita pakai untuk mengorganisir gigs.

Tapi sebagai catatan kecil, menemukan tempat tempat baru untuk mengorganisir sebuah gigs tentu juga harus dibarengi dengan menjaganya. Memperkosa tempat baru untuk satu malam hanya akan membuang energi. Jaga dan rawatlah tempat yang sudah kita perjuangkan agar kelak tempat-tempat seperti ini tidak benar-benar menghilang tak bersisa.

Ayo mas bro langsung lookit aja. (Dittus)


1. Taman Kota
Rutinitas harian dan kehidupan di kota, keduanya adalah kolaborasi yang serasi dalam menciptakan suasana jenuh bagi mahluk dinamis seperti manusia. Hutang hiburan dan tempat rekreasi pun harus kita bayar untuk menebus dosa kota tersebut. Kolaborasi antara taman kota dan pertunjukan musik juga menjadi solusi yang tepat sebagai hiburan kebalikan dari rutinitas harian dan kehidupan di kota.

Tercatat ada banyak gigs yang memanfaatkan taman kota sebagai venue. Salah satu diantaranya adalah Festival Taman Kencana di Bogor. Acara lintas komunitas ini meliputi bazzar, hardcore/punk show, pameran dan pelelangan seni rupa, tattoo, perpustakaan jalanan, dan skateboarding .Ajaibnya, festival yang berlangsung selama tiga hari ini sukses terlaksana dengan patungan dan tanpa sponsor.



2. Hutan Kota
Hampir sama dengan pemanfaatan taman kota sebagai wadah apresiasi. Hutan kota juga bisa menjadi salah satu alternatif venue yang menyenangkan. Salah satunyanya adalah hutan kota Babakan Siliwangi di Bandung.

Hutan kota yang dulunya sering dipakai untuk festival kebudayaan adu domba ini, sekarang juga bertransformasi menjadi tempat pagelaran musik. Sudah gigs keren yang terlaksana di hutan kota ini. Diantaranya ada Pyrate Punx Bandung yang pernah organize gigs di tempat ini. Band-band keren seperti Subhumans, Tragedy, Harda Tider, Warthreat, dan lain lain, bisa mencicipi manggung di hutan kota Bandung ini berkat teman-teman Pyrate Punx Bandung.

Acara keren lainnya ditempat ini yang menyita perhatian gua adalah acara Sunday Smile Picnic yang digagas oleh Bandung Cycle Chic. Sama seperti Pyrate Punk, acara ini tercetus setelah beredarnya isu Hutan Kota Babakan Siliwangi sebagai public space yang bisa dinikmati secara cuma-cuma akan digantikan dengan mall, kondominium, dan restoran. Sesuai dengan namanya, kita diajak untuk piknik di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati live perform musisi di hari minggu yang cerah. Yang menarik dari acara ini, menurut salah seorang kawan dari Bandun para pengunjung yang datang membawa bekal makanan dan saling bertukar makanan.



3. Puncak Bukit
Album three-way split Sigmun, Suri, dan Jelaga yang dirilis dalam bentuk piringan hitam 12 inci oleh label Orange Cliff memilih sebuah cafe di Puncak Bukit Moko sebagai panggung peluncuran album ini. Showcase yang berjudul From The Misty Mountain Top ini sungguh tahu bagaimana cara memanjakan penontonnya. Penonton disuguhkan aksi perform dari ketiga band ini dengan latar pemandangan lampu-lampu kota Bandung.



4. Pantai
Kayanya sudah cukup banyak yang sukses mengadakan gigs di pantai. Tapi diantara sekian banyak acara yang berlangsung di pantai, Libertad Fest adalah salah satu gigs yang paling hangat dibicarakan.

Hajatan besar teman-teman Pyrate Punx se-Asia Tenggara ini beberapa kali diadakan di pantai. Salah satunya yang menarik adalah Libertad Fest 2014 yang diadakan di pulau Semak Daun, Kepulauaan Seribu, yang terekam dalam sebuah video dokumentasi. Gigs bernuansa rekreasi dan having fun ini terlihat begitu intim dalam video yang berjudul "ALCOHOLYMPIC [Libertad Fest 2014]"



Masih ada kah tempat lain yang bisa menjadi alternatif kita mengadakan gigs ? Bisa jadi kita sudah punya begitu banyak ide tapi belum terealisasi. Dan sepertinya seorang Joker dalam film Batman The Dark Knight sangat mengerti akan kondisi kita dan menitipkan sebuah pesan: “Kegilaan, seperti yang kamu tau. adalah seperti gravitasi yang diperlukan hanyalah sedikit dorongan”.

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar