Minggu, 02 Maret 2014

Kenali Romantisisme Emotive Hardcore Dalam Revolution Autumn

Skena Emotive hardcore di indonesia memang berangkat dari asupan 3rd wave emotive hardcore yang tak lepas dari popularity dan tentunya stereotype. Stereotype bahwa sound ini tak lebih dari trend hairstyle dan unnecessary whining. Tapi bangsa ini bukan bangsa yang terima begitu saja. Sound - sound pionir dari 90s midwest emo, DC revolution summer dan postrock-emo seperti slint dan appleseed cast juga menyebar secara perlahan di kalangan musisi bawah tanah Indonesia. Mungkin karena kemuakan atas eksploitasi gimmick maupun kebosanan sound yang seragam.

Emotive Hardcore ada atas kebosanan akan kekerasan tak berguna di moshpit. Ia menyelami sisi romantisisme dari sebuah agresifitas yang terus menderu. Ia tak serta merta hanya mengeksploitasi sisi soft dan rapuhnya manusia, namun ia mencoba menjalin benang merah antara ketidakadilan hidup, opresi dengan sentimentalitas. Emotive hardcore ada karena menyampaikan pesan bukan hanya teriak lantang dan protes, namun juga mengajak untuk introspeksi dan refleksi. Menjadi resah dan sensitif akan sesuatu yang salah di lingkungan sekitar dan menyampaikannya ke orang banyak.

Kompilasi ini muncul untuk menjawab tanda tanya apakah sound emotive Hardcore di indonesia hanya yang mampu dijual gimmicknya. Ini sebenarnya adalah sound yang merepresentasikan generasi band emotive Hardcore yang mementingkan ledakan emosi yang tidak dipaksakan.

Terima kasih untuk semua yang sudah membantu rilis nya kompilasi ini. kompilasi ini bukan bertujuan untuk mengkotak kotak kan sebuah genre musik. tujuan kompilasi ini sederhana saja, sebagai arsip penanda jaman bahwa di era ini ada sebuah skena emotive Hardcore atau 90's emo/screamo atau skramz.

Suka atau tidak suka, skena musik ini ada, lekat dengan etika DIY hardcorepunk dan bukan sebagai sebuah bagian dari apa yang dulu pernah di populerkan oleh generasi MTV.

Band:
Senja Dalam Prosa
Sad Story on Sunday
A City Sorrow Built
LKTDOV
Amuk Redam
Reveur
Vague
Take This Life
Shorthand Phonetics
Woodcabin.
What the Sparrow Did to You
Gauth
Lights out
No love
Laora

Kurator:
Indra Menus & Akhmad Alfan Rahadi

Dirilis tape oleh:
Rizkan Records
Relamati Records

Dirilis cdr oleh:
Sailboat Records

Kaset Tape dirilis sebanyak 100 buah sementara CD sebanyak 50 buah.

Untuk pemesanan silahkan menghubungi
Rizkan Records (+62 8808 532 434)
Sailboat Records (+62 856 9216 5944)

Untuk Digital Download bisa dibuka setelah rilis di:
sailboatrecords.bandcamp.com

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar