Rabu, 02 April 2014

[TOUR DIARY] Half Glass Jelajah Garis Pantai

Sudah 2 bulan belakangan ini aku punya band baru lagi. Personilnya gak jauh – jauh dari teman – teman nongkrong yang beberapa juga sudah main di band lain yang isinya juga teman nongkrong, Half Glass. Singkat cerita, melalui beberapa proses jamming di studio, kita udah bikin 6 lagu. Musiknya ? Emmm, aku agak susah kalau harus mendeskripsikan musik sebuah band, terlebih lagi band ku yang ini memang tidak mematok untuk bermain musik dengan jenis tertentu sedari awalnya. Jadi kita lewatin aja pertanyaan itu yah.

Nah, kebetulan sekali ada seorang teman yang ngasi kabar kalau bakal ada sebuah acara musik diluar kota Pontianak, tepatnya di Kecamatan Sungai Duri (masuk wilayah Kabupaten Bengkayang, kira – kira 2 jam perjalanan darat Pontianak). Sungai Duri hanya sebuah kota kecamatan yang kecil, letaknya di pesisir pantai, dan acara ini juga acara musik pertama yang hadir dari komunitas musik “underground” di sana. Aku pribadi, suka sekali kalau ada kesempatan untuk main di luar kota Pontianak, emang sih biaya yang dikeluarkan jadi lebih besar, tapi setimpal lah kalau dibanding dengan pengalaman jalan – jalan keluar kota, ketemu orang – orang baru, dan merasakan suasana yang jauh berbeda dari kota sendiri. Lagipula, 2 jam perjalanan darat itu masih terjangkau kok dengan sepeda motor.

Singkat cerita, band sudah didaftarkan, uang patungan acara sudah di transfer ke panitia, dan fix kita jadi berangkat. Lalu tiba – tiba saja aku punya ide untuk merekam lagu – lagu yang sudah ada untuk sebuah CD demo. Yah hitung – hitung jadi stuff promo yang bisa dibawa lah untuk melancong ke luar kota. Tapi karena terbatasnya dana, dan waktu yang juga terbatas untuk berusaha merekam sendiri, maka rencana hanya tinggal rencana. Tapi ide yang tiba – tiba muncul itu tidak hanya berhenti disitu saja. Aku ingat, kalau Sungai Duri itu jaraknya yah kira – kira Cuma 1 jam lagi perjalanan darat ke kota Singkawang. Singkawang itu sebuah kota wisata yang terletak di sebelah utara Kalimantan Barat. Wah asik dong, kalau perjalanan dilanjutkan aja kesana, mengingat acara di Sungai Duri itu hari Sabtu, masih ada waktu untuk jalan – jalan di hari Minggu. Tentunya bukan sekedar jalan – jalan dong, tapi sekalian main band juga di sana. Beruntung deh udah kenal beberapa teman – teman dari Singkawang juga. Langsung saja aku hubungi, sampaikan dengan jelas niat kita apa. Mereka pun setuju! Oke, weekend tour nih, berangkat!!!!!!!

Jumat, 14 Maret 2014
Packing dimulai, yang paling utama bukan packing pakaian pribadi sih, tapi packing barang – barang buat lapak. Bikin beberapa postingan dan tweet info tentang acara besok (Sungai Duri) dan lusa nya (Singkawang). Dan terakhir bikin banner nama band sendiri, pake kertas – kertas bekas dan fasilitas tiled print di Corel Draw. Cek – cek lagi kamera digital, perlengkapan mandi, dan pakaian dalam. Semua siap masuk tas. Ohyah, yang bareng – bareng kita untuk jalan di dua kota ternyat ada satu band lagi, Mosh Fight. Sementara itu, kalau band Pontianak lainnya yang juga main di Sungai Duri juga ada beberapa band lain (Parkinson dan Balada Sungai Kapuas).

Sabtu, 15 Maret 2014
Kumpul di rumah Ecel (drum) jam 1 siang. Santai – santai dulu sebentar sebelum berangkat. Kita mulai jalan sekitar jam setengah 3 jadinya. Kita berempat, pakai dua sepeda motor. Cuaca hari itu panas berawan, dan kelihatan banget kalau ada tanda – tanda mau turun hujan. Hmmm, perjalanan keluar kota memakai motor, aku lebih milih cuaca yang panas terik dibanding harus kehujanan. Sebelum berangkat, isi bensin dulu Rp 20.000. Oiyah, kalau mau jalan keluar kota gini, pakai motor non-matic aja yah, motor Honda lebih baik, bukannya promosi, tapi yang namanya jalan – jalan pasti nyari yang murah kan?

Perjalanan lancar – lancar saja, tidak terlalu ramai kendaraan, cuaca juga masih bersahabat hingga kita sampai di kota Mempawah. Awan gelap sudah di atas kepala, dan benar saja, tidak jauh selepas Mempawah, hujan pun memaksa kami untuk berhenti dan berteduh. Kebetulan di warung tempat kami berteduh, ketemu dengan rombongan teman – teman lain yang juga mau datang nonton acara. Dan ternyata mereka datang dari Karangan, itu jauh banget. Salut deh sama semangatnya.

Setelah hujan mereda, kami lanjut lagi jalan, dan tiba di venue sebelum magrib. Acara udah dimulai. Kalian tahu venue nya? Sebuah rumah makan yang terletak di pinggiran laut, posisi samping tepat menghadap matahari terbenam. Whoaaww, menawan!!!! Belum pernah liat venue keren gini lokasi nya. Venue nya cukup besar, kalau mau dipaksain 100an orang masuk, cuma lantainya lantai papan, jadi agak riskan juga. Satu – satu nya yang gak asik adalah alat band dan sound out nya, fiuuuh ya udah deh. Lagian, setiap kali memutuskan untuk ikut main di acara – acara so called kolektif diluar Pontianak, aku emang udah gak terlalu berharap sama alat musik dan sound nya, karena tujuan utama nya adalah jalan – jalan keluar kota, ketemu orang – orang baru dan ngeliat suasana yang beda.

Begitu gig dimulai kembali setelah break magrib, penonton yang datang semakin ramai. Kalau dilihat – lihat rata – rata anak SMA, padahal saya ngarep nya ada mbak – mbak setempat yang nonton.

Seperti biasa, sesuai dengan emosi dan semangat yang masih membara, tidak ada penampilan band yang sepi dari segala bentuk ekspresi penonton. Moshing, pogo brutal, dansa ala hace-hacean, bahkan yang paling seru ada yang coba – coba mempraktekkan adegan yang sepertinya udah banyak di youtube, lompat melalui punggung teman kearah penonton. Tapi bedanya, disini mereka lompat dari arah belakang penonton, bukan dari arah panggung, dan yang ngelompat nya udah lari jauh – jauh buat ambil ancang – ancang, ada – ada aja.

Half Glass. Photo by Aldiman dok.

Half Glass main kalo gak salah sekitar jam7an. Semestinya kalau di rundown itu jam 8, bukan masalah sih buat kita. Cuma yang aku yakin bakal jadi masalah buat panitia kedepannya adalah cara mereka ngejalanin rundown dan band – band yang dipanggil gak muncul atau telat datang. Jadi misalnya sekarang giliran band A, mereka panggil sampe beberapa kali, band A gak muncul langsung aja dipanggil band B, dipanggil beberapa kali kalo gak muncul, langsung lanjut dipanggil band C, begitu seterusnya sampe ada band yang muncul. Sebenarnya sih bukan masalah ya, kalau jumlah band yang main sedikit, tapi kalau ini, 24 band!! Yah susah juga sih, panitia juga pasti ngelakuin ini supaya semuanya cepat dan hemat waktu, tapi band juga musti sadar kalau waktu itu gak bisa dimain – mainkan. Lebih baik kasih tahu aja panitia jauh sebelumnya kalau gak bisa datang pada jam yang udah ditentuin.

Waktu yang dikasi ke kita buat main adalah 20 menit, tapi kayaknya kita lebih deh, yah tapi gak lebih – lebih banyak kok. Mau gimana lagi, drummer kita musti nyetel drum yang disediain sama panitia, best preparation best performance kan? HEhehehehehe.

Selesai manggung, kita santai dulu bentar, sambil buka lapakan, duduk – duduk ngeliat tingkah laku penonton yang unik – unik, juga ngobrol sama teman – teman dari Mosh Fight yang baru aja nyampe dari Pontianak.

Lapakan Half Glass. Photo by Aldiman dok.
Sekitar jam 9 malam, kita tinggalin venue dan acara yang belum selesai. Kita masih lanjut perjalanan lagi ke Singkawang, kita juga mau istirahat lebih awal supaya masih punya tenaga buat besok main di Singkawang dan yang paling penting adalah untuk perjalanan pulang ke Pontianak. Sekitar 1 jam perjalanan, kita sampai di Singkawang. Ketemu teman – teman Singkawang, ada Diendra, Dhean dan yang lainnya. Mereka lagi nongkrong di sebuah warung kopi yang letaknya di halaman bioskop lama yang tidak beroperasi lagi. Dan warung kopi nya juga keren loh desain interior nya, mirip dengan café jadul yang ada di daerah kota tua Jakarta.

Minggu, 16 Maret 2014
Bangun pagi, keluar rumah nya Dhean, dari teras langsung dapat view Gunung Sari yang bagus banget. Teman – teman lain dari rombongan band Mosh Fight masih pada tidur. Cuma aku, bayu(gitar), dan ecel yang ngobrol – ngobrol di teras rumahnya Dhean. Rumah nya Dhean posisinya di pinggiran kota Singkawang, mengarah jalan keluar kota. Jadi lingkungan rumah nya gak terlalu padat, masih ada sawah – sawah yang udah mulai menguning padi nya. Cuma kalau kita lihat kearah belakang rumahnya, kelihatan jelas sebuah proyek mega mall sedang dijalankan. Hmmmm, percaya deh temen – temen Singkawang, mega mall hanya permulaan kota kalian akan jadi sumpek dan padat.
Hang Moi. Photo by Aldiman dok.

Sunset Sungai Duri. Photo by Aldiman dok.

Sepulang gereja, kita ber-4 makan siang dan keliling – keliling kota Singkawang sedikit. Kita nemu tempat yang namanya Kawasan Tradisional. Jadi ini sebuah kampung di mana isinya rumah – rumah tradisional Tionghoa. Iya, jadi Singkawang ini terkenal dengan populasi etnis Tionghoa nya yang besar. Setiap tahun, kalau udah perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Singkawang langganan rame loh. Nah, trus di kawasan tradisional ini, dilalui sama sebuah parit yang gak terlalu besar, tapi sepanjang tepian nya ada jalan setapak trus ada kursi – kursi nya gitu. Jadi enak deh buat nyantai – nyantai. Cuma kata nya Diendra, itu untung – untungan juga, karena kadang parit itu juga bisa bau banget, karena parit itu awal alirannya dari pasar babi, limbah pasar kadang banyak yang lewat parit itu. Selain itu, kita juga nemu satu kompleks rumah tradisional Tionghoa yang gede – gede. Kayaknya tempat ini sehari – hari dijadikan semacam museum juga deh. Setelah itu, kita ditemanin Elys dan Diendra, jalan – jalan ke Hang Moi. Hang Moi itu salah satu tempat wisata di Singkawang, tempatnya itu aliran sungai berbatu dan air nya seger banget. Sekelilingnya masih banyak pohon – pohon, tapi hutannya gak terlalu lebat juga, jadi buat jalan – jalan sampe kearah atas gunung masih enak lah. Oiyah, pake tiket masuk Rp 10.000.

Akhirnya kita ke studio tempat acara diadakan. Gak jauh dari Hang Moi tempatnya, studio nya gak terlalu besar juga. Tapi bisa lah nampung orang – orang yang mau gila – gilaan. Sayangnya acara musti molor mulainya, awalnya rencana mulai jam 3 ato 4 sore. Tapi akhirnya mulai jam 7 malam. Kita sebenarnya gak terlalu masalah juga sih. Cuma jadinya kita gak bisa nonton semua band yang main dan nongkrong bareng teman – teman Singkawang sampe acara selesai. Yang main pertama Mosh Fight baru lanjut dengan Half Glass. Ini juga kita mulai aja main duluan, soalnya kalo gak mau pulang ke Pontianak jam berapa lagi, hehehehehe. Half Glass mainkan 6 lagu, sama seperti di Sungai Duri sebelumnya. Tenaga udah gak terlalu maksimal, soalnya tadi di Hang Moi udah dimaksimalin buat main – main air sungai, hehehehe. Tapi lumayanlah, teman – teman Singkawang juga ngerespon musik kita. Ada yang nanyain genre nya apa, nanyain udah ada demo belom? Hehehehehe, tunggu yah.

Studio gig di Singkawang. Photo by Aldiman dok.

Jam 9 kita putuskan buat berangkat pulang ke Pontianak. Sayang banget musti lewatin peampilan Water Canon dan Under Fighting. Tapi beruntung sempat liat Deadly Beat main. Hardcore dengan irama beatdown, powerfull wak!!! Perjalanan pulang kita, untung aja lancar, walaupun diguyur hujan mulai dari pertengahan perjalanan sampai ke Pontianak. Tapi gak masalah.
Makasih yah buat Ijul (Deadly Beat), Dhena (Under Fighting), Diendra (Water Canon), Elys, dan teman – teman Singkawang lainnya yang udah mau bantu kita. (Aldiman)

Link band – band yang ditulis diatas :
- Half Glass: https://soundcloud.com/ptkdistribution/half-glass-maaf
- Mosh Fight: http://www.reverbnation.com/moshfighthardcore
- Deadly Beat: http://deadlybeat.bandcamp.com/
- Water Canon: https://soundcloud.com/water-cannon
- Under Fighting: http://www.purevolume.com/new/UNDERFIGHTING39597

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar