Sabtu, 06 Februari 2016

6 Band Yang Mengusung Konsep Virtual Reality Pada Video Clip

source google
Kemajuan teknologi yang semakin hari bertambah pesat, turut membawa dampak pada berkembangnya kreatifitas video maker. Jika sebelumnya menyaksikan sebuah video hanya dari satu arah. Kini melalui teknologi virtual reality, video dapat dilihat secara penuh dari segala penjuru arah atau 360 derajat. Cukup putar ke kanan, kiri, atas, dan bawah penonton bisa leluasa menikmati video. Sekilas hal ini mengingatkan pada layanan Google Street View yang ada di Google Maps bedanya ini video bukan foto.

Kemajuan teknologi video tersebut langsung merangsang para musisi untuk menggarap video clip masing-masing dengan konsep virtual reality 360 derajat. Apalagi setelah youtube sebagai situs sharing video nomer satu di dunia telah mendukung fitur ini. Penonton jadi semakin merasa seolah-olah dekat dengan para musisi. Tentu hal tersebut memberikan pengalaman dan sensasi yang baru dalam menikmati tayangan video, bukan ?

Mau tau siapa saja musisi yang menggunakan fitur virtual reality dalam video clipnya ? Berikut ini tim Lemarikota telah merangkumnya. (AL)


1. Avicii - Waiting For Love
Kabarnya sih ini adalah video clip pertama yang mengusung konsep virtual reality. Dengan disutradarai oleh Kurt Hugo Schneider, video clip milik musisi elektronik asal Swedia ini rilis pada 28 Mei 2015.




2. Bjork - Stonemilker
Penyanyi asal Islandia satu ini memang terkenal dengan pribadi yang eksentrik. Pemilik nama asli Björk Guðmundsdóttir menggunakan kosep visual realiy pada lagunya yang berjudul "Stonemilker" yang mana lagu tersebut terdapat pada album Vulnicura miliknya.




3. Fort Minor - Welcome
Mike Shinoda dengan proyek Fort Minor-nya juga tak mau kalah saing. Dibantu oleh sutradara Jeff Nicholas, Fort Minor merilis video visual reality untuk single terbarunya "Welcome" pada pertengahan 2015 lalu.




4. D'Cinnamons - Sweet Memories
Kalau yang satu ini memberikan sensasi yang cukup berbeda dari video-video sebelumnya. Latar lokasi yang terletak di dalam sebuah cafe, membuat penonton seolah-olah merasakan menyaksikan grup akustik asal Bandung satu ini secara live. Belum lagi ditambah tampilan pengunjung dan pegawai cafe yang berlalu lalang. Hmmm.. menarik juga.




5. Kelompok Penerbang Roket - Cekipe
Gaung trio rock asal Jakarta satu ini memang paling santer selama beberapa waktu terakhir. Apalagi setelah mereka merilis debut album Teriakan Bocah dan juga album cover band rock lawas Panbers berjudul Haai. Tak banyak yang menyebut mereka sebagai bintang rock baru Indonesia. Nah belum lama ini, mereka juga merilis video virtual reality untuk trek instrumental "Cekipe" yang ada di album debut mereka. Di video clip terbaru tersebut katanya sih mereka menjadi astronaut yang terbang ke luar angkasa. Coba deh di croos check bener gak sih ?




6. L'Alphalpha - Tarian
Band alternatif pop asal Jakarta satu ini juga punya konsep video clip 360 derajat yang tak kalah kerennya. Berasa nuansa Indonesianya dengan penampilan penari kontemporer, Ali Al-Imran Karim. Lagu "Tarian" ini adalah bagian dari album kedua mereka bertajuk Von Stufe Zu Stufe.




P.s. dari berbagai sumber mengatakan cara terasyik menikmati video virtual reality ini dengan menggunakan mesin pencari Google Chrome atau yang lebih asyik lagi dengan memakai Google Cardboard.

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar