Kamis, 31 Mei 2012

Pesta Kuliner Jogya Bareng Indra Menus 'ToxDie/Kongsi Jahat Syndicate'


Indra Menus (ToxDie/LKTDOV) ternyata hobi memasak loh. Ada yang salahkah dengan ini ? Tentu tidak! Berikut ini ia akan menceritakan pengalamannya menjadi Chief untuk keluarganya dan bagi kalian yang mempunyai planning untuk berpergian ke Jogyakarta, ia juga merekomendasikan beberapa tempat kuliner yang rasanya patut kita kunjungi. Yuk, kita simak selengkapnya. (AL)

Ceritain dong mas pertama kali masak sendiri itu menunya apa, kapan dan kesan serta hasil akhirnya bagaimana ?
Pertama kali masak kalo gak salah dulu jaman sd, masak mie instan sama telur goreng. Terus kadang sama tetangga (cewek) sering ikut masak memasak bersama. Masalah rasa, standar lah, yang penting kan udah coba masak sendiri hahaha. Karena beberapa masalah keluarga jadi saya dari kecil terbiasa mandiri. Bahkan pernah waktu itu selama setahun saya jadi koki keluarga karena ayah saya sedang tugas luar kota sementara ibu sakit sakitan, adik-adik masih kecil. Yaah, saya cuma menjalankan apa yang di praktekkan waktu kuliah dulu yang ambil jurusan perhotelan (masak, bartending dll). Lumayan bisa buat bantu bantu ide masak memasak haha

Biasanya kalau lagi begadang sama keluarga/teman, menu apa yang paling sering disantap ? Adakah yang spesial dari menu tersebut ?
Saya jarang begadang sama keluarga, saya termasuk anti sosial di keluarga saya hahaha. Tapi saya suka masakin snack ringan buat di makan bareng bareng, biasanya kalo gak gorengan atau pizza mie. Yang bikin spesial mungkin karena saya tipikal orang jogja yang suka masakan manis manis jadi semua yang saya bikin biasanya terasa lebih manis di banding resep aslinya dan seringnya bahan bahan yang saya gunakan berasal dari bahan sisa dari olahan ibu saya. Memanfaatkan sisa bahan saja, jadi lebih unik dan aneh aneh eksperimentasinya hehe. Dan korban pertama hasil eksperimentasi saya biasanya ibu sama adik saya hahaha

Rekomendasiin ke pembaca dong kuliner di Jogya karta dari yang murah meriah hingga yang bisa bikin kantong kita melompong kosong ?
Rekomendasi saya untuk yang suka ngopi, dateng aja ke Semesta, itu warung kopi berkedok kafe dulu warkop ini sebenarnya cabang dari Blandongan, salah satu warkop terkenal dengan olahan kopi khas mereka yang aduhai. Tapi jangan pernah minum kopi Blandongan sebelum makan, dijamin puyeng secangkir kopi harga nya 2500. Terus buat yang agak ringan ke samping stasiun tugu, ada angkringan tugu yang jual menu khas yaitu kopi joss, kopi kental campur arang panas kalo gak salah 3000/gelas gede. Untuk snack, coba Kipo. Ini makanan khas kota gede, rumah saya. Kabarnya yang bikin kipo ini cuma 2 keluarga. Bentuknya kecil kecil seukuran jempol, warna ijo dari tepung ketan dimana dalamnya ada parutan kelapa campur gula merah. Cuma 1500/bungkus isi 6 biji. Ada juga Yangko khas Kotagede, tepung ketan bentuk kotak kotak yang harganya 10ribuan per box. Selain itu ada tela tela, stand olahan ketela yg di goreng dengan berbagai rasa, juga ada yang versi nugget serta twillie bahkan cake ketela dengan merk dagang Tela Cokro. Pasti pada kenal gudeg kan, nah disini ada macem macem gudeg. kalo mau yang unik ke Wijilan, gudeg nya kering dan di wadahin dalam gentong kecil dari tanah liat, kalo gak salah 60rb. Itu bisa buat 1 keluarga. Terus kalo yang vegan bisa ke Somayoga, dengan menu menu fake meatnya tapi kalo mau lebih murah bisa ke Lusidus yang semacam warteg nya vegan . Jejamuran bisa jadi alternatif lain buat vegan, karena masakan nya berbahan jamur plus lebih murah, sekitar 6000an/per porsi. Restoran rekomendasi saya sih Food fest dengan menu menu uniknya, Nanamia pizza buat yg suka pizza tradisional dengan harga 25-35ribuan, terus Heritage cafe yg jual steak tempe seharga 11rb, dan jangan lupakan angkringan yg tersedia dimana mana dengan menu khas nya, nasi kucing hehe. Kalo utk restoran yang mahal jarang banget sih, saya biasanya ke restoran yg unik atau khas negara lain, misal restoran khas india (coba pizza india nya), Rumah Ocha khas Taiwan, Pattaya khas Thailand, restoran bubur Korea juga enak dengan harga 3ribuan/mangkok. The House or Raminten juga rekomended buat menu menu angkringan modern dengan suasana yang jogja banget; waiternya pake kemben, bau bau bunga sesajian, gending gending jawa.


Sekarang posisikan mas Menus sebagai tour guide. Akan mas bawa kemana kita kalau main ke Jogya ?
Ke hati ku hahaha. .,bangun pagi bingung mau kemana? jangan khawatir, kalo minggu pagi kita bisa ke sunday morning di UGM, semacam jualan macam macam barang dan makanan sambil olahraga dan ngeceng hahaha. Hari biasa, sarapan soto lenthok di depan stasiun tugu rekomended banget. Siang dikit bisa makan di depan pasar beringharjo, banyak yang jualan pecel dan makanan khas jogja lainnya. sore kita bisa ke The House or Raminten, pesan jamu godhog yang asoi (Enak-Red) rasanya dengan wadah penyajian yang unik. Kalo kamu pesan minuman susu kamu bakal terkesima dengan wadahnya yang berbentuk seperti isinya hahaha. disini jg ada nasi kucing yang gak pake wadah daun tapi pake piring lebar. gak usah kenyang kenyang deh, karena malam belum terlalu larut bung :) lanjut lagi kita ke daerah belakang ambarukmo plaza, di situ ada Pizza Tela. pizza dengan bahan baku ketela, dengan harga 7rb-12rb/porsi personal. bungkus aja, kita kongkow ke daerah deket situ, disitu banyak ada kafe kafe di sebuah lembah sungai kecil. rekomendasi saya kita minum di kafe spesialis susu, segala macam rasa susu ada di sini. strawbery, jahe, melon, vanilli dll you name it. sambil menikmati pemandangan sungai dan kolam buatan disitu pizza tela nya bisa jadi cemilan hehe. FYI, di deket situ ada studio yang sempat menjadi studio gig paling keren di YK, Pengerat studio, sayangnya sudah nggak bisa di pake lagi. kelar dari situ bisa ambil short atau long travelling. long travelling nya ke kaliurang, menikmati jadah plus tempe khas kaliurang nan dingin, atau buat meat lover bisa ke imogiri dan makan sate klathak, sate sapi yang di tusuk pake jeruji besi. atau kalo mau kembali ke deket deket malioboro bisa ke sekitaran RS PKU untuk menikmati oseng2 mercon alias kikil yang di masak oseng super pedas. penggemar ekstrim pedas bisa juga coba ke sate bledhek, di jamin pedas mampus. di sini tingkat kepedasannya di istilahkan sesuai jenjang pendidikan, dari SD sampai Sarjana, dan jangan sakit hati kalo yang punya ngeledek kamu yang kepedesan hanya karena makan tingkat SD. Menjelang malam dikit kita ke warung kopi semesta, pesan kopi lagi buat yang demen kopi, selain semesta bisa juga ke Blandongan, tapi saya lebih suka di semesta, banyak pemandangan hahaha. selain kopi, menu yang saya rekomendasikan adalah wedang uwuh seharga 6rb. itu seperti wedang jahe yang di campur macam macam tumbuhan obat sehingga warna nya jadi merah. sehat dan menyegarkan di waktu malam. sudah malem neh, tapi untuk beberapa wilayah di Jogyakarta, justru itu serunya. kita bisa ke utaranya malioboro dikit ada angkringan stasiun tugu dengan menu khas angkringan dan kopi joss. buat yang doyan alkohol, datengin wilayah sosrowijayan. terutama di depan CK sosro. kamu bakal ketemu banyak bule bule backpacker plus pemuda lokal saling berbaur minum bareng walaupun belum pada kenal. untuk yang gak suka minum, bisa nongkrong di depan benteng vredeburg, malioboro sampe pagi. sebelumnya kalo masih laper, makan dulu gudeg di lesehan lesehan malioboro, cuma hati hati dengan harganya yang kadang bisa mendadak aduhai.

Pernah masak buat istri dan anak juga kah ? Tanggapan istri mas tentang hasil akhir dari masakannya ?
Justru di keluarga saya (baik saya sama orang tua saya maupun saya sama anak istri saya) saya yang jadi koki nya hehe. Terutama untuk anak sama istri saya, saya koki utama nya. Kalo lagi gak buru buru kerja ya saya siapin sarapan, mulai dari masak nasi, sayur dll. katanya sih enak walaupun tentu saja terlalu manis untuk taste dia yang orang banten hehe.

Baru-baru ini mas kan bikin grup 'Punk Love Cooking' di facebook. Hal apa sih yang mendasari mas bikin grup itu ? Untuk menyalurkan hobi kah ?
Sebenarnya sih itu bener bener gak niat bikin gituan, cuma ketika itu kan sering komen komenan gak jelas sama temen temen ku terus ada yang tiba tiba aja ngasih resep roti cane atau apalah pas lagi seru serunya bercanda. nah pas itu juga ada di group we love zine kan lagi seru diskusi bahas tentang scene, tiba tiba karena dasarnya saya suka iseng, pasang komen resep eh ada yg tertarik terus aku pikir kenapa gak bikin aja ya group bwt temen2 punk yang suka masak atau hal hal seputar kuliner. gak harus anak punk sih, cuma waktu itu kan namanya we love cooking, pas aku search, banyak page yang sama,jadinya aku pikir yaudah di ganti punk aja biar beda hehe. nah terus reaksi beberapa temen seru juga, mereka posting posting resep resep mereka. bahkan saya liat ada yang emang koki yang ngasih resep mereka di situ hehhe. jadi ketemu deh passion selain mengenai punk nya. itung itung bisa jadi ilmu dan bekal juga, kan kalo bisa masak sendiri jadinya lebih mandiri hehhee intinya saling berbagi info tentang kuliner.

Bagaimana kabar proyekan (band/zine/label) mas ? apa yang terbaru dari semua itu ?
Kalo zine, masih mandeg bro hehe tapi ada sih beberapa kolaborasi dengan temen teman ikutan bikin zine,seperti di Utek Jancok zine dll. terus workshop jogjakarta zine attak! juga masih di godhog neh untuk bulan bulan depan. band, kalo yang To die masih sok sibuk dengan beberapa rilisan split juga terbaru rilis DVD diskografi lewat samstrong recs. ne msh di godog rencana kita untuk kolaborasi dengan salah satu seniman muda berbakat dr Yk, Ican Harem. utk wujudnya seperti apa, tunggu kabar deh ya hehe. utk LKTDOV msh berkutat buat rekording 3 way split Indo skramz. label, relamati recs sedikit lebih aktif neh sekarang, rencana rilis mortal combat discografi dll. kongsi jahat juga masih aktif bergerak di belakang layar, jadi booking agency dll.

Closing Statement mas !
thank ya buat obrolannya, selalu berbagi dan berbagi utk kemajuan bersama. salam kuliner

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar