Jumat, 22 Juni 2012

Interview: Poppy (Maximum Thrash, Lia (DieXFast), & Hera (KROIA)

Kiri-Kanan: Poppy, Lia, & Hera. Photo by them self

Berikut ini adalah hasil obrolan saya dengan tiga orang wanita yang aktif discene hardcore/punk lokal. Ketiga nya adalah Poppy (Voc Maximum Thrash), Lia Ernie (Voc DieXFast), dan yang terakhir Hera Sin (Voc/Guitar KROIA). Interviu ini bukan untuk membuktikan apa-apa, bukan juga untuk membuktikan bahwa seorang wanita bisa juga berperan dalam scene. Apalagi untuk menunjukan kalau perempuan yang keren itu adalah perempuan yang aktif atau bermain band untuk scene hardcore/punk. TIDAK! Interviu ini lebih untuk saling berbagi tentang apa yang membuat mereka terjun ke scene serta suka dukanya berada dalam lingkup tersebut. Jadi, lekas disimak. (AL)

Certain sedikit tentang awalnya kalian bisa bermain satu band yang isinya dominan cowok ?

Poppy: Pertamanya sih, MT cuma proyek kecil kecilan dari OT ato yang biasa saya sebut "Si Okeh" . Ikut-ikut MT latihan terus gue sih sok-sok-an ngasih tau si OT gimana suara yang cocok buat musik MT. Waktu itu drummer masih sama meler (Cinta Monyet) nah dari awal sok tahu itulah OT bilang kenapa gue ngga vokalin sekalian. Yaaa, dulu sih pernah ditawarin jadi backing vocalnya Take It Back cuma ngga mau ah band-nya terlalu keren menurut gue. Mulai dari situ menurut gue kenapa ngga di coba karna musiknya lumayan klop di kuping gue.

xLia Arniex: Awalnya sih dari pertemanan yang sama sama suka musik yang sama, satu kampus, satu scene, iseng bikin dan akhirnya lebih serius lagi untuk ngejalaninnya.

Hera Sin: Awalnya sih saya bertemen sama teman teman cowok, dari situ sering hang out bareng dan akhirnya bisa ngeband bareng karena ngerasa ga sreg sama band masing-masing sebelumnya. Kebetulan punya kepengen yang sama mau ngeband kaya gimana, ya udah jadilah Kroia pada waktu itu.


Seaktif apakah peran kalian saat berada didalam band tersebut ?

Poppy: Semua member si sangat sangat berperan aktif dari buat lagu, persutujuan manggung, design baju dan design design yang lain, sampe sampe penampilan yang keren pas manggung gimana .

xLia Arniex: Kalau saya sendiri sih biasanya lebih kepada bikin lirik untuk lagu lagu DieXFast.

Hera Sin: Peran masing masing dalam band itu sendiri? Ya semuanya punya berperan penting pastinya. Selain tujuannya ngeband doang, pastinya kita ngedukung aktifitas teman teman yang lain melalui ngeband ini. Seperti ikutan main dan membayar kolektif untuk sebuah acara, ikutan dalam kompilasi yang dibuat untuk ngebantu temen yang lagi kena musibah contohnya.


Sebutkan hal yang paling menyenangkan dan menyedihkan sewaktu kalian bergabung bersama band ?

Poppy: Hal yang paling menyenangkan menurut gue pas gue denger MT bakal split sama band-band keren diantaranya MATKA TERESA, AGATHOCLES, GORGONIZED DORKS, dan lainlain. Nggak nyangka aja yang tadinya band itu cuma bisa gue dengerin ternyata bisa split sama band gue. Untuk hal menyedihkan, hampir ngga ada hal menyedihkan sih. Semua kita jalanin bareng2 dan yang paling penting member-member yang lain dapat mengerti dan memaklumi sifat gue.

xLia Arniex: So far menyenangkan terus, bagi saya sih dxf is my second family. kalau untuk yang menyedihkan sih nggak ada, merasa ada yang kurang mantep kalau perform tanpa dilengkapi semua personil.

Hera Sin: Banyak banget hal menyenangkan dan menyedihkan pastinya, dan pasti panjang banget ditulis disini. Yang pasti saya senang ketika semua bisa satuin ide dan pendapat yang berbeda-beda. Sulit banget untuk saya kadang nerima hal yang ga pas dihati, tapi kita ga bisa egois kalo cuma buat memenuhi hasrat pribadi, selain bisa membuat kita semakin mature dalam mengambil keputusan kita juga lebih bisa ngehargain kemauan orang, dan kita bisa nyatuin semua itu. Senang. Sedihnya, ya pas band bubar, selama 4 tahun kita sama sama, nyatuin semua pola pikir masing masing. Sampe pernah berantem cuma gara kurang komunikasi. Sekarang saya merindukan itu. Hehe. Tapi band bubar semua itu juga butuh proses, dan dibicarain bareng bareng. Kita gamau kalau ngeband cuma sebatas eksis (walaupun keeksisan itu adalah yang paling dicari oleh para scenester :p), disaat kita telah berbuat sesuatu buat komunitas ini, pada akhirnya kita juga mesti tanggung jawab atas apa yang udah kita beri. Nah dari pada semua orang menunggu langkah apa yang bakal kita lakuin, kita memutuskan untuk udahan. Karena jujur, moment kemarenan itu kita lagi sibuk edan masing masing personilnya, dan ga mungkin buat lanjut. Semua udah punya keputusan masing masing.
(For Your Info, saat interviu ini berlangsung status Kroia telah bubar hingga saat ini.Ed)


Pernah nggak sih kondisi percintaan kalian yang lagi tidak stabil dengan pasangan mempengaruhi kinerja ngband kalian itu sendiri ? Misalnya jadi unmood untuk latihan atau nggigs atau yang paling parahnya lagi sampai mengundurkan diri dari band.

Poppy: Hahahaha, itu pasti pernah. ngga usah diceritain apa masalahnya, yaaa tapi untungnya MT punya personil yang solid, ngga cuma sekedar nge-band tapi bisa mencari solusi-solusi percintaan. Nah disini gue juga pernah marah-marah sama OT kalo masalah pribadi masingmasing personil jangan dibawa-bawa ke band, karna setiap orang pasti punya kesibukan masing-masing.

xLia Arniex: Wohoho.. Alhamdulillah ga ada tuh, karena menurut saya masalah atau hub percintaan ga ada sangkut pautnya sama band, 2 dunia yang berbeda itu mah,kalau pun ada dikesampingkan dulu lah antara urusan percintaan dan ngeband.

Hera Sin: Wah, ga pernah. Hal-hal personal gitu ga pernah dilibatkan ke band, kalau lagi bad mood mah ya paling kita usaha sendiri aja biar ga bikin bad mood yang lain.


Ada niatan untuk bikin grup band yang isinya full ladies seperti Beyond Pink, Bikini Kill atau Civet (old) ?

Poppy: Belom ada niatan sih, hehe. Lagi kalo ada yang nawarin pun gue bakal tolak, soalnya kalo untuk berteman dengan wanita gue agak susah beradaptasi dibanding sama cowok, yaaa karna itu mungkin temen-temen yang bener-bener deket kebanyakan cowok. Tapi kalo ada yang mau bikin band kayak Joan Jett gw terima deh.

xLia Arniex: Sempet ada kepengen, tapi selalu sulit untuk menemukan personil personil cwe lainnya, sekalinya ada, beda kota dan daerah hihi..

Hera Sin: Haha! Ada. Dulu juga saya pernah gabung di band yang isinya cewek semua, tapi pada akhrinya saya resign karena emang udah ga nyaman di band itu. Ga gampang buat nyatuin pendapat dan pendirian sendiri dalam sebuah band mayoritas cewek. Dan sekarang juga uda ada kepengen bikin sama temen temen cewek yang lain, cuma waktunya itu yang agak sulit. Ga pernah ketemu temu di dunia nyata, padahal kita tinggal dalam 1 kota yang sama. Tapi buat sekarang sih lebih fokus nyari duit demi kelangasungan hidup, hehehe.


Aktivitas apa saja (selain ngband tentunya) yang biasa kalian lakukan namun masih ada benang merahnya dengan scene ?

Poppy: Gue sendiri selain ngeband biasa jadi independent fotografer, jadi gw fotoin apa yang gw mau gw foto, atau temen-temen yang emang pengen gw fotoin mereke. Walaupun tanpa royalti, tapi ada perasaan bangga sendiri waktu ada orang make baju yang dari hasil foto gue, itung-itung pameran foto pribadi lahh.

xLia Arniex: Selama ini cuma ngeband aja hihi

Hera Sin: Saya bikin merchandise dengan label sendiri, namanya Cursed merchandise. Barengan pacar. Tapi masih kecil-kecilan aja. Sepertinya contohnya rilisin merchandise band, dan bersyukur bisa ngasih dukungan secara materi buat band atau ataupun buat ngdukung aktifitas apapun di scene selama kita mampu pasti akan bantu.


Siapa sih tokoh perempuan yang menginspirasi kalian untuk terjun ke scene ?

Poppy: Kalo tokoh perempuan si ngga ada. cuman gue suka banget band-band kayak Lycanthropy, Fuck The Facts, dan band-band yang ada personil wanitanya.

xLia Arniex: Siapa ya?? Ga ada sih hihi.. Saya lebih terinspirasi oleh band band cwo hehe

Hera Sin: Sebenernya ga ada tokoh personal yang membuat saya masuk ke scene, emang ketertarikan diri sendiri aja. Ngeliat betapa asik kalau bisa memeberikan sesuatu buat komunitas, meskipun gatau juga saya udah ngasih sesuatu apa belum. Dari situ saya kenal beberapa wanita hebat dilingkungn scene sendiri dan sangat terinspirasi oleh teman teman sendiri.


Situasi dan kondisi seperti apa yang kalian benci sewaktu berada di moshpit ?

Poppy: Situasi di setiap moshpit itu menegangkan! Gue menikmati semua situasi dan kondisi itu, mulai dari panas, ketendang, ketonjok, sampe ada yang berantem didalam sana. Semua itu SERU!!!

xLia Arniex: Sebenernya sih ngga benci,cuma sebel aja hihi.. pas moshing part dengan ganasnya dan kasarnya para cowo cowo moshing dan "memainkan" kaki mereka saat di angkat setelah mereka stage diving,padahal mreka sebenernya tau disitu ada cewe,ya bukannya minta dispesialisasikan sih,tapi apa perlu seberingas itu kah??

Hera Sin: Yang jelas saya benci banget kalau udah moshpit ada segelintir laki laki yang make kondisi itu buat ngelakuin hal yg senonoh, seperti pegang pegang bagian sensitif kita. Biasanya saya langsung tegur.


Dari kacamata personal kalian sebagai perempuan yang berkutat discene hardcore punk, bagaimana peran perempuan saat ini khususnya dalam scene lokal ?

Poppy: Kalo menurut gue sih, yang gue liat di scene khususnya Depok, peran peran wanitanya masih banyak yang berperan sebagai "bunga acara" yaaa gimana yah, kayaknya kalo nggak punya pacar anak musik tuh gak cool gitu, mereka dikenal eksis, dikenal sama siapa aja. Tapi mereka terkenal dengan "eh lo tau si ...... gak? | oh iya gw tau, kenapa emang? | bokin gue itu, katanya kenal sama lo | itu mantan gw, bego. udah abis itu sama gw | @#$^%&^*%*&".

Hera Sin: Mungkin perempuan sekarang lebih bisa ngeluarin pendapat, meski emang belum bisa sebebas-bebasnya, contohnya masih aja ada kan pendapat pendapat perempuan yang masih aja ditentang oleh para kontra-nya. Tapi itu sah-sah aja sih, namanya juga hidup dari bagian masyarakan besar, pro kontra pasti ada. Seengganya para perempuan sekarang punya tempat sendiri, lebih nyaman berkomunikasi lewat kolektif kolektif yang mereka dirikan.


Seandainya nanti anak-anak kalian mendengarkan hasil rekaman kalian. Respon apa yang kalian harapkan darinya ?

Poppy: Yang pasti gue bakal bilang ke anak gue "dulu bunda itu anak punk nak" dan respon yang gue harapkan adalah anak gue dengan wajah polosnya bilang "woow keren", dan gue bakal senyum sambil ada perasaan bangga dalem hati. Hahahahaha

Hera Sin: Ga ada yang diharepin dan masih ga kepikiran. Hehe


Pernah punya pengalaman dengan seksisme sewaktu diband,gigs, atau apapun ? pendapat kalian tentang hal tersebut ?

Poppy: Selama ini belom pernah sih, tapi menurut gue sebagai wanita. Wanita itu ya emang udah kodratnya kayak begini, jadi ngga bisa diapa-apain lagi. Jadi pasrah aja kalo "wanita dijajah pria sejak dulu".

Hera Sin: Pernah dan lumayan kejadian beberapa kali. Udah males ceritain. Hal kaya gini bakal terulang kalau kesadaran ga dimulai dari otak masing masing personal yang ngelakuin seksime itu sendiri.


Pesan kalian untuk para perempuan yang baru akan terjun ke scene ataupun yang sudah !

Poppy: Buat kalian-kalian yang emang pengen bener-bener terjun di scene ini, lebih baik cari teman yang benar-benar mengarahkan kalian di jalan yang benar dalam ber hardcore-punk ria. ngga di pungkirin juga sih banyak cowok-cowok nge-gaet cewek modal nama band untuk sekedar dipamerin di acara, padahal si-cewek ngga ngerti apa-apa, dan ujungujungnya cuma jadi sampah. Kalo bagi yang udah terjun ke scene, yaaaaaa, modis si boleh, tapi mohon di bedakan juga busana yang cocok ke gigs atau ke mall. Jujur saya agak risih loh... Jangan sampai kalian terlihat murahan!

Hera Sin: Tetep semangat aja. Tetep berjuang dengan apa yang kalian perjuangkan dan apa yang di yakini.


Terakhir, sebutkan solois/band yang seminggu ini terus nongkrong di playlist kalian!

Poppy: Untuk minggu-minggu ini lagi sering banget dengerin Oasis, Lemuria, Weezer, Skid Row, Motley Crue, Sub human, Crass, Assuck, juga Haemorrhage.

Hera Sin: Lagi nongkrongin Beyond pink, muderres, Noothgrush, Gallhamer, Masakari, Kylesa, Rida Sita Dewi, Adele, Back to 1984, Shagydog

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar