Senin, 02 Juni 2014

Wreck: "Protest, Survive, Dan Banyak Bersenang-senang!"

Firman, Dikdik, Ipul, dan Acil (Kiri-Kanan).
Photo by Wreck doc.
Semarak post-hardcore ala Dischord Records terus bergerilya untuk menemukan tepi kehidupannya sendiri. Kini giliran Wreck yang mencoba menginvansi skena lokal dengan musik yang mereka sajikan.

Band asal Bandung yang terdiri dari Acil Fardiaz vokal, Ipul bass, Dikdik gitar, dan Firman drum ini baru saja merilis debut EP di bawah Dandellion Records (untuk format tape cassette) dan tsefula/tsefuelha records (untuk format digital).

Wreck sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, khususnya untuk skena Bandung. Sebelumnya masing-masing personil sudah lebih dulu memiliki band, seperti Acil yang sempat aktif dengan beberapa band: Hellraiser(RIP) dan Senjata Rahasia, Dikdik bermain pula untuk Straight Back dan Ejakulasi Dini, Ipul masih aktif bersama Cyco Vision, dan Firman sendiri adalah bagian dari An Oath Of Allegience. (AL)

Ceritain dong bagaimana kalian bisa mendirikan Wreck ?
Acil: Awalnya itu saya ama Ipul pengen bikin band, itu pun belum kepikiran bakal bikin yang kayak gimana, jadi bisa dibilang awalnya band ini proyek santai dan iseng lah. Nah disatu waktu pas saya lagi dengerin Rites of Spring, tiba-tiba keinginan saya waktu tahun 2007 terlintas lagi, pengen bikin band semacam Nation of Ulysses atau Embrace! DC sound era 85-90an awal gitu. Nah awal mulanya disitu, terus saya ngomong ke Ipul gimana kalau bikin band semacam Ulysses. Itu jadi patokan awal. Ipul sepakat main bass. Lalu kita berdua kepikiran si Dikdik buat main gitar, yang emang waktu itu saya tau band lamanya (Ejakulasi Dini) udah vakum waktu itu. Saya ama Ipul ngajak dia dan tertarik. Akhirnya posisi vokal, guitar sama bass udah keisi. Nah posisi vital itu yang terakhir, partner yang main drum. Susah pisan anjis, sampe akhirnya saya ngajak kawan lama saya yang main drum di An Oath Of Allegience, namanya Firman. Dia mengamini, terus beberapa hari kemudian kita berempat ngumpul di rumahnya Ipul, ngobrol-ngobrol banyak. Nah disitu awal mulanya band ini muncul. Gitu aja sih.
Ipul: Gitu deh persis kaya yang acil jabarkan hehe.
Dikdik: Ya gitu deh persis kaya ipul hehe.
Firman: Kayanya saya yang paling ga banyak tau nih, karena memang paling bontot juga diajakinnya. Yang pasti pas temen-temen ngajakin itu kebetulan saya lagi mau garap band baru. Tapi karena satu dan lain hal, ya salah satunya faktor keakraban sih, akhirnya saya lebih milih bareng Wreck.

Wreck inikan anggotanya masing-masing punya band juga yah? Apakah Wreck ini semacam proyek all-star gitu?
Firman: All-star? Mana ada, Wreck ini semacam proyek Vans, eaaaa hehe. Untuk saya Wreck semacam proyek eksperimen, karena memang sebelumnya saya sama sekali belum pernah mainin musik semacam ini, makanya pas awal-awal bikin lagu dan latihan lumayan bingung masukin pattern drum yang saya rasa enak.
Ipul: Hahahaha proyek all star, nggak lah, ini mah proyek galau sebenernya T_T
Dikdik: Proyek galau yang pasti mas, kaya yang ipul bilang hahaha
Acil: Kalau 3 orang yang lain sih iya, kalau saya udah enggak. Dulu sih sempet bikin proyekan baru ama si Dendy, itu pun ga beres karena sibuk masing-masing. All-star? Kok jadi kedenger kayak tim olahraga ya?

Cil, lebih susah mana nyanyi di Wreck atau Hellraiser ?
Acil: Lebih susah waktu mainin bass di Senjata Rahasia, hahahaha. Sebetulnya sama aja kalau ngomongin masalah susah atau enggak, mau di Hellraiser kek, di Wreck kek, cuma beda konsep musiknya aja.

Debut album kalian banyak dipuji orang-orang. Bagaimana nih perasaan kalian?
Dikdik : Orang yang muji kita ya orang yang sedah gundah gelisah merana dan butuh cinta haha.
Acil: Masa sih? Kamu pasti bohong. Ya bagus kalau emang orang-orang pada suka ama EP yang kemarin.
Ipul: Wahh ada yang muji gituh? Itu yang muji mungkin hatinya sedang berbunga-bunga mz. 
Firman: Waduh kayanya itu orang-orang bayaran kita deh. (Yes! Terima kasih teman-teman tugas kalian berhasil….)

"The Pandemonium Organ" itu mengkisahkan apa sih?
Acil: Mengkisahkan tentang nabi yang bereinkarnasi menjadi pemain band. Hehe, bercanda. Lagu "Pandemonium Organ" itu sebetulnya nyeritain sikap kami berempat sebagai kolektif yang cinta sama musik. Kami mainin musik ini karena kami yang pengen, bukan karena paksaan dan tuntutan dari luar. Misalnya, tuntutan dari perusahaan rekaman besar yang banyak maunya. Jujur aja, kalau main musik karena terpaksa itu ga seru pisan anjis, yang ada malah jadi bosen dan buang-buang tenaga doang. Gak asik lah. Jadi inti dari lagu itu adalah kalau kamu suka sama musik kita, ya makasih. Kalau misal gak suka ya udah ga usah didengerin, sesederhana itu. Kalau mau berbagi ya ayo, itu lebih asik, toh nambah referensi, nambah temen juga.

Kita semua tau bahwa dunia hari ini tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Menurut kalian, bagaimana caranya agar hidup kita terus merasa baik dalam kondisi demikian?
Dikdik: Yang pasti ya bertahan, punya langkah kedepan untuk lebih baik, dan minum teh tarik.
Acil: Bersenang-senang dengan cara melakukan apapun yang menurut kamu itu menyenangkan, tapi jangan sampe mengganggu orang lain tentunya.
Ipul: E& inih berat pertanyaan nya. ‘Protest and survive’, banyakin senang-senang! :*
Firman: Pertanyaannya agak berat, boleh nyontek sebelah? haha. Salah satu cara terbaik adalah banyakin ke gigs, nongkrong, dan ngobrol ngalor ngidul biar ga banyak pikiran kalo dunia tidak sedang baik-baik saja. Btw jadi inget judul album band Favorite saya dari Bali, Ugly Bastard.

Lebih keren mana Wreck atau Cyco Vision?
Ipul: Mooseo~
Dikdik: Total Cronis (band punk nya Heyipul).
Acil: Dua-duanya keren dan lebih keren dari CBA tentunya, ups…
Firman: lebih keren……… Wreck Vision, hiduuuup!

Cil, lebih senang mana berkarya bareng Dendy atau Dik-Dik ?
Acil: Main musik bareng Dendy maupun Dikdik sama-sama nyenengin. Mereka berdua punya karakter & ciri khas masing-masing. Yang jelas mereka emang adik-kakak yang sama-sama sinting main gitarnya hahaha. ‘D Brothers’ rules!

Bagi-bagi referensi dong ke kita semua. Apa saja yang kalian dengarkan saat menggarap debut album lalu?
Dikdik: Dengerin Hammock, Austin TV, Godspeed You! Black Emperor, Mogwai, Gorilla Biscuit, OFF!, Minor Threat, Mew dan yang pasti dengerin hati ini berbicara :’) hehehe.
Ipul: Kalo saya sih Wild Moth, suka banget sama mereka, album Over Again sama Mourning Glow E.P. Bagus, kalau ga salah rilisan fisik nya masih ada di Ruangkecil Records, sangat recommended sekali. Sisanya sih ya sama kaya yang lain Fugazi, Bloc Party, tambah polesan dari Sonic Youth hehe.
Acil: Wah anjis banyak pisan, masing-masing dari kita punya selera dan referensi yang beda-beda. Kalau saya sendiri sih referensinya: Nation of Ulysses, Carcass, Embrace, Bolt Thrower, Fugazi, The Left, Hoover, Beastie Boys, Dead Kennedys, Dismember, The Weakerthans, Refused, Boysetsfire, MC5, itu yang saya inget sekarang.
Firman: Untuk departemen drum, waktu itu saya lagi banyak dengerin Kings of Leon yang album paling terakhir, Bloc Party, Frightened Rabbit, Lemuria, dan Touché Amoré. Mungkin kalo temen-temen yang dengerin secara seksama, kayanya bakal nemu beberapa part yang beat-nya sangat mirip dengan band-band saya sebutin tadi hehehehehehe.

Apa yang membedakan Wreck (selain musik tentunya) dengan band-band kalian masing-masing ?
Acil: Saya ga punya band lain buat sekarang, hahaha. Tapi kalau perbedaannya ama band yg dulu ya beda nama bandnya.
Ipul: Saya main bass disini hahaha.
Firman: Kalo yang saya rasain, salah satu yang membedakan wreck adalah punya semangat berdikari yang kuat sih.
Dikdik: Sebenernya aku main gitar sih bukan main hati *nah loh*

Rekomendasikan tempat hangout paling terbaik di Bandung dong? Alasannya?
Dikdik: Taman cikapayang sambil minum teh tarik, tapi inget jangan pernah bawa pasangan kesana (karena sering berujung kandas cinta) hahaha.
Acil: Taman cikapayang dago pas lagi sepi, tapi pas anak-anak pada kumpul semua. Alesannya karena tempatnya strategis buat ngopi, ngobrol dan enaknya bisa ketawa-ketawa seenak jidat. Oh iya 1 lagi, suka banyak ABG yang berjilbab juga kadang-kadang. Hehehe.
Ipul: Jarang hang-out si saya mz, ya paling juga di taman cikapayang ngopi sore, sambil mantengin gereja, asik sih itu.
Firman: Bukan pecandu buku, tapi Kineruku bisa jadi tempat paling terbaik di Bandung. Alasannya? kalian harus langsung datang kesana dan temuin alasan kalian sendiri.

Untuk selanjutnya, apa yang sedang kalian rencanakan ?
Ipul: Nambah materi dulu sih, pengen nambah rilisan lagi haha.
Acil: Rencana ke depan? Banyak sih, tapi yang pasti mah bikin lagu baru lagi, buat album penuh mungkin?! Terus bakal bikin split ama 3 band lokal keren dan semuanya band favorit saya hahaha. Apalagi ya, ah banyak lah rencana mah, sambil jalan aja.
Firman: Percis kaya jawaban acil, ditambah memperkokoh basis ekonomi band. Biar ga repot pontang panting nyisihin uang saku dari orang tua.
Dikdik: Mengobati hati ini :’)

Artikel Lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar